Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Mulai Jengkel, Membandingkan Sprint Race di F1 dan MotoGP

Kompas.com - 10/01/2024, 11:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Crash.net

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun sprint race terbukti meningkatkan jumlah penonton, para pebalap MotoGP tetap bersikeras mesti ada solusi lain. Sebab buat pebalap sprint race menambah daftar risiko.

Marc Marquez dan Fabio Quartararo secara terang-terangan mengkritik sprint race yang disebut sangat menuntut fisik pebalap. Pada satu sisi balapan pada hari sabtu tersebut juga membuat risiko cedera pebalap lebih besar.

Baca juga: 5 Mobil Listrik yang Berpotensi Dapat Insentif Tahun Ini

Pihak MotoGP dalam hal ini promotor Dorna Sports mengatakan bakal tetap mempertahankan sprint race yang terbukti mampu mendongrak jumlah penonton dan mendatangkan orang ke sirkuit untuk menonton langsung.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Valencia 2023Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Valencia 2023

Sprint race di MotoGP dianggap terlalu ambisius sebab jumlah seri pada satu musim bisa lebih dari 20 balapan. Bandingkan dengan Formula 1 yang musim 2023 lalu hanya menyelenggarakan enam sprint race.

Franco Morbidelli, yang musim depan membela Pramac Ducati mengatakan, boleh saja tapi kalau bisa jangan di semua seri karena memberatkan pebalap.

“Ya, itu sulit. Balapan akhir pekan pasti berubah dan menjadi sangat, sangat, sangat intens," kata Morbidelli dilansir dari Crash, Rabu (10/1/2024).

Baca juga: BYD Luncurkan Mobil Listrik di Indonesia Pekan Depan

Pebalap McLaren asal Inggris Lando Norris pada adu sprint di trek balap Red Bull di Spielberg, Austria, pada 1 Juli 2023, menjelang Grand Prix Formula 1 Austria. (Foto oleh Joe Klamar / AFP)AFP/JOE KLAMAR Pebalap McLaren asal Inggris Lando Norris pada adu sprint di trek balap Red Bull di Spielberg, Austria, pada 1 Juli 2023, menjelang Grand Prix Formula 1 Austria. (Foto oleh Joe Klamar / AFP)

“Saya pikir kita harus memiliki keseimbangan yang lebih baik. Maksudku, balapan Sprint setiap akhir pekan, itu sulit. Mereka bahkan tidak melakukannya di Formula 1," ujarnya.

Bukan maksud merendahkan para pebalap F1, namun menurut pebalap jebolan VR46 Rider Academy tersebut, selain tidak diselenggarakan di semua seri para pebalalp F1 berada di dalam mobil.

“Dan Formula 1, ya, itu menuntut fisik, tapi mereka duduk di dalam mobil. Kami menggerakkan motor sepanjang waktu, bertarung satu sama lain, saling menjatuhkan dan kami melakukannya setiap akhir pekan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com