Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

McLaren Pecahkan Rekor Dunia Pit Stop F1 Tercepat, Hanya 1,8 Detik

Kompas.com - 16/10/2023, 14:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim McLaren mungkin jarang meraih kemenangan pada Formula 1 (F1) di musim ini. Tapi, tim ini berhasil memecahkan rekor pit stop tercepat dengan catatan waktu hanya 1,8 detik.

Dalam ajang balap Formula 1, tidak hanya pebalap yang berlomba-lomba menjadi yang tercepat. Seluruh tim yang bertugas di paddock juga berusaha menjadi yang tercepat dalam mengganti ban mobil F1.

Baca juga: Verstappen Juara Dunia Lagi dengan Honda, Masuk Rekor 10 Legenda F1

Dikutip dari Carscoops.com, pada GP Qatar yang digelar belum lama ini, tim McLaren berhasil mengganti ban balap pada mobil Lando Norris dengan waktu 1,8 detik.

Catatan waktu tersebut mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Red Bull Racing Honda dengan 1,82 detik di 2019.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by McLaren (@mclaren)

Meski selisihnya hanya 0,02 detik, tapi tetap saja tim McLaren lebih cepat. Sebab, di ajang balap, setiap mili detik masuk ke dalam hitungan.

Bahkan, kalau diperhatikan lebih detail, rekor terbaru ini juga lebih berat karena adanya regulasi baru. Setelah musim 2022, F1 menerapkan regulasi roda yang lebih besar dan lebih besar dibandingkan musim sebelumnya.

Baca juga: Gelar Juara Dunia Konstruktor F1 2023, Jadi Kado Manis Honda

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by McLaren (@mclaren)

 

Meski demikian, F1 musim ini berhasil didominasi oleh Red Bull Racing Honda. Selain meraih juara dunia kategori konstruktor, tim ini juga meraih gelar juara dunia kategori pebalap.

Max Verstappen berhasil mempertahankan gelar juara dunia F1 yang ketiga kalinya secara berturut-turut. Verstappen meraih gelar tersebut pada GP Qatar dengan total 14 kemenangan. Sementara, musim ini masih tersisa lima seri lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com