Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Lengkap TVS Ronin, dari Performa sampai Biaya Kepemilikan

Kompas.com - 29/01/2024, 10:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – TVS Ronin yang meluncur pada 2023 jadi pilihan menarik buat motor sport di harga Rp 30 jutaan. Walaupun secara harga bersinggungan langsung dengan Yamaha XSR 155 dan Kawasaki W175, motor sport naked ini menawarkan sejumlah kelebihan.

Dari desain, motor ini hadir dengan tampilan bergaya retro modern. Ronin juga tampak gagah dengan posisi duduk yang santai ala motor cruiser.

Sekilas Ronin bagai motor custom yang dibuat pabrikan, sebab desain sepatbor belakang dan depan tampak begitu simpel.

Baca juga: Belum Lama Diumumkan, Pelat Nomor Dewa Baru Sudah Ada yang Palsukan

Test ride TVS RoninKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test ride TVS Ronin

Satu hal yang menarik, bodi-bodi Ronin kebanyakan terbuat dari bahan pelat besi, tak seperti motor zaman sekarang yang mayoritas dari plastik.

Dari fitur keamanan, Ronin memiliki fitur rem ABS Dual Channel khususnya pada varian TD. Selain itu, rem ABS-nya juga punya pilihan mode Urban dan Rain, yang dibedakan dari sensitivitas remnya.

Fitur ini berguna ketika dipakai pada kondisi hujan, agar traksi ban lebih maksimal saat melaju di jalan basah, tujuannya agar roda tidak terkunci.

Baca juga: Rumus Atur RPM yang Pas Buat Pindah Gigi di Mobil Manual

Beralih ke instrument cluster digital bulat yang ada di atas setang. Secara tampilan, tingkat kecerahannya sudah cukup baik dan posisinya mudah dilihat.

Informasinya juga terbilang lengkap, ada takometer, penunjuk kecepatan, penunjuk BBM, jam digital, dan posisi gigi. Lalu ada informasi trip, durasi perjalanan, dan kecepatan rata-rata, serta Distance to Empty atau range BBM.

Termasuk konektivitas ke smartphone yang bisa menampilkan notifikasi, perintah suara, dan fitur navigasi.

Baca juga: Video Viral, Pembalap Liar Adu Kambing dengan Pengguna Jalan

Mesin TVS RoninKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mesin TVS Ronin

Adapun pada mesinnya, Ronin mengusung dapur pacu yang terbilang sederhana, yaitu 225 cc SOHC 4 klep tanpa radiator, tapi telah mengusung oil cooler. Tenaganya mencapai 20 Tk pada 7.750 rpm dan torsi 19,93 Nm pada 3.750 rpm.

Di mesin tersebut ada teknologi Assist & Slipper Clucth, lalu Glide Through Technology (GTT). Fitur GTT memungkinkan mesin melaju dengan merayap saat berada di posisi gigi rendah, tanpa gejala mau mati.

Jadi pengendara tinggal melepas kopling secara perlahan, tanpa perlu memainkan putaran gas. Menurut kami hal ini bisa terjadi lantaran torsi maksimal motor yang sudah bisa diraih sejak putaran mesin rendah.

Baca juga: Daftar Motor Listrik Bekas per Januari 2024, Harga mulai Rp 4 Jutaan

Test ride TVS RoninKOMPAS.com/ADITYO WISNU PRABOWO Test ride TVS Ronin

Tapi kekurangannya memang ada di bobot kendaraan, cukup berat buat motor harian. Alhasil pengendalian motor ini memang butuh pembiasaan. Terutama bagi yang baru berpindah dari skutik ke motor sport.

Meskipun modelnya tergolong besar, mesin Ronin asyik buat berkendara harian. Posisi duduknya terbilang santai dan joknya empuk.

Buat pengendara dengan tinggi 163 Cm, ketinggian jok Ronin masih bisa ditolerir. Saat pengendara coba duduk di belakang pun, posisinya masih terbilang nyaman.

Baca juga: Daftar Harga Skutik Gambot Bekas, Nmax mulai Rp 15 Jutaan

Test ride TVS RoninKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test ride TVS Ronin

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com