Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Lengkap Keeway SCR 250V, dari Desain sampai Biaya Kepemilikan

Kompas.com - 07/08/2023, 14:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor di segmen 250cc memang tidak terlalu banyak, pilihannya antara sport dengan fairing atau naked. Cuma, Keeway menawarkan SCR 250V, motor bergaya scrambler yang unik di pasaran.

Secara tampilan, seperti namanya, SCR 250V punya gaya ala scrambler yang dibuat oleh bengkel custom. Cuma, bawaannya saja sudah gagah, ditambah di bagian samping kelihatan ada mesin yang bentuknya V, seperti moge.

Lalu, dari depan juga memakai lampu halogen berbentuk bulat yang dimensinya cukup kecil. Agar sesuai dengan tema scrambler, lampu tadi diberi pelindung dari besi, makin garang saja.

Baca juga: Biaya Kepemilikan Keeway SCR 250V Setahun, Rp 400.000-an per Bulan


Melihat dari samping, ada livery yang ditempel ke tangki, menambah kesan modern, tidak polosan. Kemudian ada juga bagian bodi dari plastik yang ditempel stiker 250, menandakan kapasitas mesinnya.

Pada bagian kaki-kaki, pelek depan dan belakang ukurannya berbeda. Keduanya memakai model jari-jari, di depan pakai pelek 17 inci dengan ban 100/80 dan di belakang 15 inci dibalut ban 130/90.

Pada sisi pengereman, sudah memakai cakram di bagian depan dan belakang. Tersedia varian dengan ABS dual-shannel dengan banderol Rp 58 jutaan, sedangkan yang non-ABS, Rp 54 jutaan.

Baca juga: Video Maling Nyerah Bawa Kabur Ninja ZX-25R

Keeway SCR 250V ABSKOMPAS.com/ADITYO WISNU Keeway SCR 250V ABS

Suspensi depan masih model teleskopik dengan cover dari karet, biar terasa aura scrambler. Sedangkan yang belakang, memakai model monoshock, ada setelan preload yang bisa disesuaikan keinginan rider.

Soal fitur, bagian lampu SCR 250V masih menggunakan bohlam di lampu utama dan sein. Sedangkan di depan ada DRL dari LED yang memutari lampu dan lampu rem sudah LED.

Masih di sektor depan, ada colokan USB yang bisa mengisi daya telepon genggam atau GPS. Colokan tadi ada di bawah speedometer yang mengombinasikan jarum analog dengan layar digital.

Keeway SCR 250V ABSKOMPAS.com/ADITYO WISNU Keeway SCR 250V ABS

Takometer ditunjukkan oleh jarum tadi, sedangkan di layar ditampilkan informasi seperti kecepatan, posisi gigi, kapasitas tangki, sampai odometer.

Pada bagian jok, memakai model rata dengan bahan kulit yang ada jahitannya. Bagian belakangnya sedikit naik, sehingga terlihat seperti buntut tawon, ala-ala motor custom.

Soal mesin, Keeway SCR 250V memakai mesin 249cc dua silinder V, bukan segaris, tapi dua blok mesin disusun seperti huruf V dengan pendingin udara.

Keeway SCR 250V ABSKOMPAS.com/ADITYO WISNU Keeway SCR 250V ABS

Tenaga yang dihasilkan sebenarnya tidak terlalu besar, 16,7 Tk di 8.500 RPM dan torsi 17 Nm di 5.500 RPM. Kalau dibandingkan dengan motor 250cc lain, memang cukup mendekati spesifikasinya.

Mesin tersebut sudah injeksi, punya rasio kompresi 10:1. Tenaga dan torsi yang dihasilkan tadi dibawa ke roda belakang pakai rantai dengan transmisi lima percepatan.

Soal dimensi, SCR 250V cukup ringkas, punya panjang 2.015mm, lebar 760mm, dan tinggi 1.050mm dan tinggi jok 720mm. Kurang lebih mirip dengan Honda CB150R StreetFire, tapi lebih lebar dan tinggi saja.

Keeway SCR 250V ABSKOMPAS.com/ADITYO WISNU Keeway SCR 250V ABS

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com