Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Matik Jangan Dipaksa Jalan jika Transmisi Bermasalah

Kompas.com - 27/01/2024, 13:42 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com - Tanda transmisi matik bermasalah bisa beragam, salah satunya dengan munculnya lampu indikator AT atau transmisi. Jika lampu ini menyala, artinya ada masalah pada sistem transmisi mobil tersebut.

Selain lampu indikator menyala, gejala transmisi matik bermasalah bisa diperhatikan pada penurunan performa mobil. Bila dirasa tarikan mobil menjadi berat, atau diikuti suara aneh maka bisa jadi transmisi bermasalah.

Dalam situasi tersebut, pengguna mobil dituntut memahami situasi sehingga diharapkan mobil tidak terus dipaksakan melaju melainkan segera berhenti dan di-towing menuju bengkel.

Baca juga: Alasan yang Bisa Bikin Transmisi Matik Jebol

Lampu indikator pada mobilTangkapan layar Lampu indikator pada mobil

Elin Estanto, Pemilik GK Auto Service Gunung Kidul mengatakan kerusakan komponen transmisi matik mulanya disebabkan oleh salah satu sektor saja namun karena kerja transmisi saling berhubungan dapat merusak komponen lainnya.

"Katakan mulanya masalah hanya karena volume oli kurang, jika ini segera diatasi maka solusinya cukup melakukan penambahan oli atau memperbaiki kebocoran oli transmisi bila ada," ucap Elin kepada Kompas.com, Jumat (26/1/2024).

Elin mengatakan bila masalah oli matik kurang ini dibiarkan, suara kasar sudah muncul atau tenaga sudah loyo tapi mobil terus dipaksakan berjalan maka kerusakannya bisa lebih parah merambat ke komponen lainnya.

Baca juga: Jangan Abai jika Mobil Transmisi Matik Di-kickdown Tidak Mau Lari


"Ketika oli matik kurang, maka tekanan oli tidak akan stabil sehingga dampaknya tenaga mobil ngempos, bila dipaksakan terus digas maka selip akan terjadi lebih banyak sehingga kelompok koplingnya bisa terbakar atau gosong," ucap Elin.

Elin mengatakan biaya perbaikan transmisi matik seharusnya lebih murah jika antisipasi dilakukan, tapi jika tidak dilakukan maka kerusakannya bisa lebih banyak. Terlebih lagi sampai mobil matik hilang tenaga secara total.

Maka dari itu, bila sudah dirasakan gejala transmisi matik bermasalah sebaiknya pengemudi mengambil langkah yang tepat dengan tidak memaksanya terus jalan agar kerusakan yang ditimbulkan tidak semakin parah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com