Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potret Pengendara Motor Pakai Helm Masuk Mal, Kenapa Tak Dititip?

Kompas.com - 27/01/2024, 12:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ramai di media sosial video pengendara sepeda motor yang menggunakan helm saat masuk ke mal. Mereka tidak menyimpan helmnya di parkiran atau penitipan, lebih pilih buat bawa masuk.

Terlihat pada video yang diunggah akun indorider150up, ada tiga orang yang memakai helmnya di dalam mal. Sedangkan teman-temannya menjinjing helm sambil jalan-jalan di mal.

Menanggapi video tersebut, Ahmad M dari Komunitas Belajar Helm mengatakan, fenomena seperti ini muncul karena mereka ragu buat menitipkan helmnya.

Baca juga: GoPro Gandeng Forcite Bikin Helm Canggih

 

"Atau mereka enggak bawa sarung atau tas helm, jadi ya dipakai masuk mal atau swalayan," kata Ahmad kepada Kompas.com, Sabtu, (27/1/2024).

Ahmad menjelaskan, orang-orang yang bawa helm masuk ke mal biasanya takut hilang kalau dititip di penitipan. Biasanya ada saja kasus kurang enak, seperti helm ditukar dan sebagainya.

Baca juga: Fakta Kecelakaan Maut di Simalungun, Sopir Truk Fuso Positif Narkoba

"Atau bisa jadi takut lecet ketika ditaruh di penitipan," kata Ahmad.

Ahmad menambahkan, dari fenomena seperti ini bisa jadi hal positif, karena sudah banyak yang sadar untuk berkendara memakai helm. Jadi bukan karena takut ditilang lagi pakai helm, tapi juga buat gaya atau adu keren.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com