Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim 2024 Jadi Tahun Terakhir Martin di Pramac Racing

Kompas.com - 24/01/2024, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pebalap memiliki impian untuk bisa menjadi pebalap tim pabrikan. Begitu pula dengan Jorge Martin yang tahun ini berencana untuk menjadi tahun terakhirnya sebagai pebalap tim satelit Pramac Racing.

Musim lalu, Martin berjuang untuk bisa mendapatkan kursi di tim pabrikan dengan mencoba meraih gelar juara dunia MotoGP. Sayangnya, dia gagal dari Francesco Bagnaia dan bertahan di Pramac Racing.

Baca juga: Selain Martin, Bezzecchi Juga Incar Kursi Tim Pabrikan Ducati

CEO Pramac Racing Paolo Campinoti, mengatakan, musim ini dipastikan akan menjadi musim terakhir Martin bersama Pramac Racing. Jika Ducati tidak mengambilnya ke tim pabrikan, pebalap asal Spanyol ini bisa saja melirik pabrikan lain.

Jorge Martin kala beraksi dalam sesi Practice MotoGP Qatar 2023 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, 17 November 2023. Terkini, Jorge Martin sukses memenangi Sprint Race MotoGP Qatar 2023, Minggu (19/11/2023) dini hari WIB. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)AFP/KARIM JAAFAR Jorge Martin kala beraksi dalam sesi Practice MotoGP Qatar 2023 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, 17 November 2023. Terkini, Jorge Martin sukses memenangi Sprint Race MotoGP Qatar 2023, Minggu (19/11/2023) dini hari WIB. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

"Menurut opini saya, dia akan pergi. Dia bisa pergi ke Honda, mereka membutuhkan pebalap yang kuat, di antara para pebalap muda, dia tentunya yang paling menjanjikan," ujar Campinoti, dikutip dari Crash.net, Rabu (24/1/2024).

Dengan Luca Marini dikontrak dua tahun, maka yang tersisa hanyalah kemungkinan untuk menggeser Joan Mir. Sebab, kontrak Mir juga akan berakhir di 2024.

Baca juga: Sama-sama Ducati, Jorge Martin Berambisi Kalahkan Marc Marquez

Jika Martin bisa mengulang kesuksesan yang sama seperti musim lalu, kemungkinan besar dirinya akan menggeser Enea Bastianini dan menjadi rekan setim Bagnaia. Pada 2022, Martin juga bersaing dengan Bastianini untuk bisa mendapatkan tempat di tim pabrikan Ducati.

Jorge MartinInstagram @89jorgemartin Jorge Martin

Bastianini yang dinilai pada saat itu lebih menjanjikan. Sayangnya, Bastianini mengalami cedera pada awal musim dan berdampak pada performa hingga ke akhir musim.

Dia baru bisa merasakan kemenangan pada MotoGP Malaysia 2023 di Sirkuit Sepang dan itu menjadi satu-satunya podium yang berhasil dia raih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com