Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda CR-V Hybrid Laris Manis, Versi FCEV Meluncur Tahun Ini

Kompas.com - 20/01/2024, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Honda CR-V meluncur dengan varian hybrid juga dan ternyata banyak diminati. Kabarnya, versi Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) akan diluncurkan pada tahun ini.

Dikutip dari Paultan.org, Sabtu (20/1/2024), CR-V Hybrid mengakhiri 2023 sebagai kendaraan hibrida terlaris secara keseluruhan di Amerika Serikat. Honda Amerika mengatakan bahwa volume penjualan CR-V Hybrid melebihi ekspektasi, mencapai 197.317 unit untuk tahun tersebut.

Baca juga: CR-V Club Indonesia Gelar Jambore Nasional dan Munas

Untuk di Indonesia, CR-V Hybrid juga cukup positif penjualannya. SUV ini baru diluncurkan pada Oktober 2023, bertepatan dengan penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Honda CR-V e:HEV 2023Kompas.com - Aris Harvenda Honda CR-V e:HEV 2023

Meski demikian, di sepanjang 2023, mobil hybrid Honda ini bisa terjual hingga 1.527 unit. Berdasarkan data dari Gaikindo yang diolah oleh redaksi Kompas.com, penjualan CR-V Hybrid masuk lima besar mobil hybrid terlaris di Indonesia pada 2023.

CR-V Hybrid dibekali dengan mesin 2.0 L, 4-silinder direct-injected 4-Cylinder Atkinson cycle DOHC dipadu dengan Electric Continuously Variable Transmission (E-CVT).

Baca juga: Penjualan All New CR-V Sudah Tembus 2.900 Unit, Mayoritas Tipe Hybrid

Mesin tersebut dikombinasikan dengan motor listrik dengan baterai lithium-ion yang memiliki kapasitas 1,06 kWh. Secara total, kombinasi motor listrik dan mesin All New CR-V menghasilkan tenaga maksimum 204 Tk serta torsi maksimal sebesar 335 Nm.

Honda CR-V mesin hidrogen alias CR-V e:Fuel CellDok. Honda Racing Honda CR-V mesin hidrogen alias CR-V e:Fuel Cell

Berhasil dengan versi hybrid, CR-V e:Fuel Cell alias FCEV direncanakan akan meluncur tahun ini. CR-V dengan mesin hidrogen ini menggunakan mekanisme untuk mengubah bahan bakar hidrogen menjadi tenaga listrik.

Untuk memberikan tenaga pada mesin bensin 2.0 liter yang terhubung ke sistem Plug-in Hybrid, mesin ini akan membantu meringankan kekhawatiran penggunanya saat bepergian di area yang mungkin memiliki jumlah stasiun pengisian bahan bakar hidrogen yang terbatas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com