Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gran Max di Jepang Bermasalah, ADM Pastikan Indonesia Aman

Kompas.com - 19/01/2024, 08:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memastikan produk Daihatsu Gran Max yang dijual dan dipasarkan di Indonesia tidak memiliki masalah kualitas atau isu keselamatan, meskipun terjadi sebaliknya di Jepang.

Seperti diketahui sebelumnya, Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata (MLIT) Jepang, mencabut Vehicle Type Approval (VTA) semacam hasil Uji Tipe Kendaraan, terhadap tiga mobil Daihatsu yang dijual di Jepang.

Baca juga: Peredaran Oli Palsu Makin Marak, Konsumen Harus Lebih Kritis

Pencabutan izin tipe kendaraan untuk produksi ini merupakan penyelidikan lanjutan yang dilakukan usai ditemukan adanya penyimpangan prosedur dalam proses sertifkasi mobil Daihatsu.

Daihatsu Gran MaxKOMPAS.com Daihatsu Gran Max

Ketiga model yang dicabut izinnya tersebut adalah Daihatsu Gran Max, Toyota Town Ace, dan Mazda Bongo. Semua model yang terdampak ialah versi pikap.

Direktur Marketing & Corporate Planning ADM Sri Agung Handayani mengatakan, mengenai pencabutan Vehicle Type Approval di Jepang tidak terkait dengan keselamatan dan kinerja mobil itu sendiri.

"Berdasarkan informasi dari prinsipal, bahwa otoritas setempat di Jepang menemukan adanya ketidakteraturan dokumentasi dalam proses homologasi, dan mereka mencabut persetujuannya untuk Daihatsu Gran Max pikap, Toyota Town Ace pikap, dan Mazda Bongo pikap," kata Sri Agung kepada Kompas.com, Kamis (18/1/2024).

"Namun, disampaikan bahwa hal ini tidak terkait dengan keselamatan dan kinerja kendaraan," ujarnya.

Baca juga: Populasi Kendaraan Listrik Makin Banyak, Shell Mengaku Tidak Khawatir

Daihatsu Gran Max pikapFoto: Daihatsu Daihatsu Gran Max pikap

Sri Agung mengatakan bahwa sejauh ini prinsipal yaitu Daihatsu Motor Co., Ltd, memberikan arahan kepada setiap negara untuk mengkonfirmasi ulang perihal homologasi yang berlaku di negara masing-masing.

"Kami sudah memastikan kembali bahwa semua kendaraan Daihatsu yang diproduksi, didistribusi, dan dipasarkan di Indonesia tidak memiliki masalah kualitas, keselamatan dan sudah memenuhi ketentuan yang berlaku," ujarnya.

"Termasuk seluruh line up kendaraan Gran Max baik Pick Up maupun Minibus," ujar Sri Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com