Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Tangki Motor Kemasukan Air, Motor Sport dan Skutik Beda

Kompas.com - 18/01/2024, 19:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan sudah tiba namun curah hujan belum merata di semua wilayah. Buat pengendara motor mesti lebih menjaga kondisi motor jangan sampai tangki bensin kemasukan air.

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi mengatakan, efek bensin yang tercampur air kurang baik untuk kinerja mesin.

Baca juga: Adu Interior Mitsubishi XForce dan Hyundai Creta

Seorang warga mengisi tangki motor menggunakan air sumur yang berubah warna biru atau tercemar minyak di Kampung Nagrog, Desa Pengasinan, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/9/2023).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Seorang warga mengisi tangki motor menggunakan air sumur yang berubah warna biru atau tercemar minyak di Kampung Nagrog, Desa Pengasinan, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/9/2023).

"Efek bensin berair buat mesin itu pasti pembakaran kurang sempurna. Mesin bakal brebet-brebet. Kemudian kedua yaitu memperpendek usia busi, busi bakal lebih cepat mati," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (18/1/2024).

Ribut mengatakan, ada beberapa hal yang membuat tangki bensin kemasukan air. Penyebabnya pun berbeda antara motor sport dan motor bebek atau motor matik alias skutik.

"Untuk motor tipe sport, yang lubang tangkinya berada di atas sering kemasukkan air kala hujan. Dikarenakan ada lubang kecil untuk sistem pernafasan tangki," kata Ribut kepada Kompas.com, Kamis (18/1/2024).

Baca juga: Husqvarna Vitpilen dan Svartpilen Baru Meluncur, Berubah Signifikan

Tangki motor berkaratFoto: Otomania.gridoto.com Tangki motor berkarat

"Kedua yaitu motor diparkir ketika terik matahari langsung. Motor yang sering terjemur menyebabkan timbulnya uap air di dalam tangki," kata Ribut.

Adapun untuk motor tipe bebek dan skutik, Ribut mengatakan, penyebab tangki kemasukan air berbeda dengan motor tipe sport. Sebab lubang tangki di bebek dan skutik biasanya di bawah jok atau di tengah dek motor.

"Kalau untuk motor tipe matik dan bebek itu karena sering membeli bensin di eceran, atau tampungan tampungan di SPBU yang terkontaminasi air," ujar Ribut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com