Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang Dashcam di Mobil, Biaya mulai Rp 500.000

Kompas.com - 15/01/2024, 16:00 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini penggunaan kamera dasbor atau dashcam pada mobil sangat berguna untuk membantu pengemudi ketika menghadapi berbagai kejadian di jalan raya.

Rekaman selama perjalanan yang terekam dashcam bisa menjadi bukti saat pengemudi dihadapkan pada hal-hal yang berpotensi merugikan.

Saat ini ada beberapa pilihan dashcam yang bisa dipilih untuk ditambahkan ke mobil, yaitu dashcam depan dan belakang, dashcam dua channel, hingga dashcam 360. Dashcam tersebut bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan pengemudi.

Baca juga: Tren Modifikasi Vespa Matik 2024, Gaya Vintage Performa Tinggi

“Biasanya mereka mencari untuk merekam kejadian di jalan, apalagi yang hobi merekam,” ucap Pemilik Bali Interior, Robby Tri Prayogo, saat ditemui Kompas.com di Mega Glodok Kemayoran, belum lama ini.

Robby mengatakan, pihaknya menyediakan sejumlah model dashcam yang bisa dipilih, mulai dari bentuk kamera yang kecil, sampai model kaca spion.

kamera dashcam mobile techKompas.com/Nanda kamera dashcam mobile tech

“Kalau model spion ini merek Mobil Tech, mereka bisa merekam bagian depan, belakang, bisa juga dipasang bersamaan,” kata Robby.

Adapun biaya yang dibutuhkan untuk pemasangan dashcam mulai dari Rp 500.000 sampai Rp 2,3 juta, tergantung dari jenis dashcam serta kapasitas memory card yang digunakan.

Baca juga: Perbandingan Mesin Yamaha Lexi LX 155 dan Honda Vario 160

Contohnya, untuk merek Mobile Tech DVR 8803 dibanderol Rp 1,9 sampai Rp 2,1 juta, sedangkan yang seharga Rp 500.000 merupakan merek Otodas.

“Proses pemasangan sendiri terbilang singkat karena hanya butuh waktu sekitar satu jam,” kata Robby.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com