Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awali 2024, KTB Umumkan Nakhoda Baru

Kompas.com - 11/01/2024, 10:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengumumkan, Daisuke Okamoto sebagai Presiden Direktur baru menggantikan Nobukazu Tanaka. Pergantian kepemimpinan ini efektif per 1 Februari 2024.

Tanaka yang menjabat sejak 1 Februari 2022, memiliki banyak pencapaian. Pada awal masa jabatannya, KTB berhasil melewati masa peralihan FUSO Euro2 ke Euro4.

Selain itu, Tanaka juga membawa KTB memasuki era Euro4 dengan meluncurkan FUSO Canter dan Fighter X dengan mesin Euro4 yang lebih ramah lingkungan.

Produk FUSO Canter dan Fighter X Euro4 mendapatkan respons positif, dan KTB berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pangsa pasar kendaraan niaga dengan perolehan 41,1 persen pada 2022.

Baca juga: Layanan Bus Listrik Gratis Resmi Meluncur di Medan

 Fuso Canter 60th Years Special EditonKTB Fuso Canter 60th Years Special Editon

Masuk 2023, KTB meluncurkan FUSO Fighter X Mining Equipment version 2 dan Canter Bus, sehingga total varian produk Mitsubishi Fuso menjadi 37 dengan 17 varian Canter dan 20 varian Fighter X.

KTB terus melakukan penguatan di bawah kepemimpinan Tanaka, tak hanya sisi produk tapi juga layanan purnajual dengan penambahan diler baru, bengkel siaga 24 jam, part depo, dan pendirian Cabin dan Casis Repair untuk kendaraan niaga.

Dengan demikian, KTB menjadi distributor Mitsubishi Fuso dengan jaringan diler dan layanan purnajual terluas dan terbanyak di seluruh Indonesia. Total 221 diler, 16 bengkel siaga 24 jam, 18 part depo, 127 Mobile Workshop Service (MWS) dengan lebih dari 6.700 outlet spare part.


Untuk teknologi, KTB menghadirkan Runner 3.0 dan My Fuso, di mana aplikasi ini menghadirkan kemudahan untuk konsumen memonitor kondisi kendaraan dan mendapatkan informasi terbaru mengenai Mitsubishi Fuso.

Baca juga: Bahaya yang Mengintai Saat Mengendarai Truk ODOL

Respons positif juga didapat melalui uji coba Fuso eCanter yang merupakan truk tenaga listrik kepada beberapa perusahaan logistik seperti Goto, Wings, Pos Logistik, dan lainnya. Hal ini menjadi acuan langkah selanjutnya terkait elektrifikasi kendaraan niaga.

KTB juga peduli terhadap dunia pendidikan dengan memberikan truk FUSO Euro 4 kepada 8 sekolah kejuruan di seluruh Indonesia untuk dijadikan alat praktik para siswa kejuruan otomotif.

New Fuso eCanter di GIIAS 2023KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI New Fuso eCanter di GIIAS 2023

Sementara untuk Okamoto sendiri bukan tokoh baru di dunia otomotif. Sebelumnya dia sudah pernah menjabat Direktur Sales and Marketing KTB selama 4,5 tahun sejak 2011 hingga 2016, dan menjabat General Manager Automotive Business Division di Mitsubishi Corporation.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com