Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modal Rp 60.000 Sudah Bisa Modifikasi Jok Motor

Kompas.com - 09/01/2024, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika konsumen hendak melakukan peremajaan motor supaya tampilannya tetap klimis dan enak dipandang, modifikasi jok bisa jadi salah satu opsi yang menarik untuk dilirik.

Dengan banderol terjangkau, konsumen bisa memilih beragam opsi variasi yang hendak dipasang. Mulai dari bahan material, tingkat kenyamanan, bahkan pola bentuk dari jok itu sendiri.

Redaksi melakukan penelusuran dan mengunjungi lokasi One Jock, salah satu bengkel spesialis Jok Motor yang cukup terkenal di wilayah Jalan Panjang, Jakarta Barat.

Bachtiar Effendi, Pemilik Bengkel One Jock yang sudah hampir 20 tahun menggeluti usaha ini, membagikan beberapa keunggulan dari modifikasi jok motor.

Baca juga: Setelah Kehujanan Mobil Wajib Dibilas Sebelum Masuk Garasi

contoh variasi untuk modifikasi Jok Motor, biaya murah meriah mulai Rp 60.000 sajaKompas.com/Daafa Alhaqqy contoh variasi untuk modifikasi Jok Motor, biaya murah meriah mulai Rp 60.000 saja

Menurutnya, jok motor punya peranan besar dari segi estetika dan fungsi. Selain sangat mempengaruhi tampilan motor, jok juga bisa menentukan nyaman atau tidaknya motor saat dikendarai.

“Ini (modifikasi jok motor) termasuk mudah, cuma variasinya bisa banyak. Tergantung selera dan bujet konsumen,” ucapnya saat berbincang dengan Kompas.com, Senin (8/1/2024).

Dia mengatakan, bengkel miliknya juga dihampiri oleh beragam jenis konsumen. Mulai dari pengendara biasa yang sebatas meminta perbaikan jok rusak, sampai kolektor motor tua dengan permohonan restorasi.

“Untuk variasi-variasi atau servis biasa, bahannya selalu ada. Mau ganti full semua jok dari tulang sampai kulit, atau sebatas ganti kulit saja,” ucapnya.

Baca juga: Polytron Buka Showroom Motor Listrik Baru di PIK 2

Proses modifikasi jok motor, biaya murah meriah mulai Rp 60.000 sajaKompas.com/Daafa Alhaqqy Proses modifikasi jok motor, biaya murah meriah mulai Rp 60.000 saja

Untuk penggantian bahan kulit jok biasa, prosesnya juga sangat singkat bahkan bisa ditunggu, yakni sekitar 10 menit sampai 15 menit saja.

Untuk biaya jasanya, Bachtiar mematok harga bervariasi tergantung permintaan konsumen. Mulai dari Rp 60.000 untuk penggantian material kulit, dan bisa menembus jutaan rupiah untuk pelayanan khusus.

“Sebelum divariasikan, kita ngobrol dulu sama konsumen. Mereka maunya gimana dan bujetnya berapa. Nanti kalau sudah fix, baru eksekusi,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com