Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral, Pengendara Motor Jatuh karena Skateboard Meluncur ke Jalan

Kompas.com - 31/12/2023, 07:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan di jalan raya bisa terjadi karena banyak hal. Contohnya seperti yang terlihat pada video viral belakangan ini, di mana pengendara sepeda motor terjatuh karena papan skateboard.

Pada video yang diunggah oleh akun Instagram @agoez_bandz4, terlihat pemuda sedang bermain skateboard. Lalu, papan yang digunakan untuk bermain meluncur ke arah jalan raya dan terlindas pengendara motor yang lewat.

Pengendara motor tersebut kehilangan kendali dan langsung terjatuh. Tidak disebutkan di mana insiden tersebut terjadi.

Baca juga: Pengendara Motor Tertimpa Baliho Caleg, Bisa Melapor ke Polisi

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, saat berkendara kita harus lebih fokus dan waspada.

Terutama pandangan mata harus melihat jauh ke depan, agar kita bisa siap dalam mengantisipasi setiap potensi bahaya yang tiba-tiba datang.

"Dengan cara itu, ketika ada bahaya yang tiba-tiba muncul, maka kita bisa lebih refleks untuk menghindar dan melakukan tindakan yang lebih aman," ujar Agus, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Menurut Agus, ketika berkendara di jalan raya, potensi bahaya bisa muncul dari mana saja. Maka itu, fokus dan waspada harus ditingkatkan.

Baca juga: Catat, Mengemudi Motor di Trotoar Bisa Dikenakan Sanksi Pidana

Namun, untuk dapat menghindari potensi bahaya seperti pada video tersebut dibutuhkan refleks atau kesigapan yang baik. Refleks itu bisa dilatih atau secara otomatis terlatih seiring dengan jam terbang.

"Memang semakin sering orqng berkendara, maka dia akan lebih bisa untuk mengendalikan kendaraan yang digunakannya," kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com