Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Mobil yang Disuntik Mati di 2023

Kompas.com - 30/12/2023, 11:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak mobil baru yang meluncur di sepanjang 2023. Tapi, ada juga beberapa model atau varian yang terpaksa harus disuntik mati alias disetop penjualannya.

Alasannya pun cukup beragam, bisa karena penjualannya yang merosot atau persiapan akan diganti dengan generasi terbaru. Berikut ini deretan mobil yang disuntik mati di 2023:

1. Daihatsu Ayla 1.0 L Varian D dan D+

Daihatsu Ayla 1.0 DJanlika Putri/ kompas.com Daihatsu Ayla 1.0 D

Tahun ini, generasi terbaru Ayla resmi meluncur. Daihatsu memberikan berbagai peningkatan hingga akhirnya terpaksa menghilangkan varian termurah dari Ayla 1.0 L. Varian tersebut adalah D dan D+, yang tidak dilengkapi AC dan audio.

Peminat mobil tersebut diyakini sangat rendah untuk pasar ritel, karena minimnya fitur yang disematkan. Meskipun, harganya jadi sangat terjangkau.

Baca juga: Alasan Daihatsu Pertahankan Mesin Ayla 1.000 cc

2. Toyota Agya 1.0 L

New Agya.Ghulam/KompasOtomotif New Agya.

Bersamaan dengan meluncurnya generasi terbaru Ayla, Toyota juga menghadirkan Agya terbaru. Namun, berbeda dengan Daihatsu yang masih menawarkan kapasitas mesin 1.000 cc, Toyota hanya menawarkan mesin 1.200 cc pada Agya.

Baca juga: Enggak Laku, Alasan Toyota Agya Mesin 1.000 cc Tidak Lagi Dijual

3. Toyota Sienta

Ilustrasi Toyota Sienta bekasolx.co.id Ilustrasi Toyota Sienta bekas

MPV yang satu ini sudah menghilang dari situs resmi Toyota Indonesia. Namun, PT Toyota Astra Motor (TAM) menolak untuk menyetop penjualan Sienta. Model ini dikatakan masih dijual, tapi statusnya spot order.

Jadi, mobil baru akan dipesan dari negara produsen ketika ada yang memesannya. Langkah tersebut diyakini diambil karena penjualannya yang terus menurun.

Baca juga: Sienta Menghilang dari Situs Resmi Toyota, Masih Dijualkah?

4. Toyota Vellfire

Toyota VellfireDok. TAM Toyota Vellfire

Nasib yang serupa dialami juga oleh Vellfire. MPV mewah ini juga tidak ada lagi di situs resmi Toyota Indonesia. Namun, bukan karena penjualannya yang menurun. TAM mengatakan sedang mempelajari untuk memasukkan Vellfire generasi terbaru.

Baca juga: MPV Mewah Vellfire Menghilang dari Situs Resmi Toyota

5. Honda Brio RS Urbanite

Brio RS UrbaniteKompas.com/ApridaMegaNanda Brio RS Urbanite

Honda Brio terbaru resmi meluncurkan pada Mei 2023. Kehadirannya membuat varian RS Urbanite menghilang. Sekarang, varian tertinggi dari Brio hanyalah RS yang sudah mendapatkan fitur baru, seperti tombol engine start stop, remote keyless, dan lainnya.

Baca juga: Model Facelift Meluncur, Honda Brio RS Urbanite Setop Produksi

6. Hyundai Kona Electric

Hyundai Kona Electric di JAW 2022 (Kompas.com/ Janlika putri)Janlika putri Hyundai Kona Electric di JAW 2022 (Kompas.com/ Janlika putri)

Meski pemerintah terus mendorong percepatan ekosistem kendaraan listrik, tapi ada juga mobil listrik yang disetop penjualannya, yakni Hyundai Kona Electric. Mobil ini menghilang dari situs resmi Hyundai Indonesia.

Alasannya diyakini karena Hyundai akan meluncurkan generasi berikutnya.

Baca juga: Hyundai Bakal Produksi Kona Electric di Indonesia Tahun Depan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com