Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Merek Mobil Baru yang Masuk Indonesia Sepanjang 2023

Kompas.com - 19/12/2023, 14:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2023 menjadi momen kebangkitan berbagai industri usai dilanda pandemi Covid-19, tak terkecuali industri otomotif. Bahkan ada beberapa pabrikan baru yang hadir.

Tahun ini tercatat ada lima merek mobil baru di Indonesia, yakni Neta, Maxus, serta Great Wall Motors (GWM) yang membawa tiga merek yakni Haval, Tank, dan Ora.

Kelimanya berasal dari Tiongkok. Produsen dari negeri tirai bambu itu tampaknya ingin "mengadu nasib" di Tanah Air melawan pabrikan asal Jepang yang sudah bertahun-tahun unggul di pasar otomotif Indonesia.

Baca juga: Ini 7 Daftar Mobil Bekas Terlaris 2023

Test drive Neta V di GIIAS 2023@raka_permana11 Test drive Neta V di GIIAS 2023

1. Neta

Neta pertama kali memulai debutnya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (2023).

Menggandeng PT Handal Indonesia Motor (HIM), PT Neta Auto Indonesia, menunjukkan keseriusannya dalam menghadirkan kendaraan listrik di Indonesia.

Bahkan keduanya sudah menandatangani nota kesepahaman, untuk menjalin kerja sama merakit kendaraan dalam bentuk Completely Knock Down (CKD) yang dimulai pada kuartal kedua 2024.

Pada saat debut di GIIAS 2023, Neta memperkenalkan tiga model yakni Neta U, Neta S, dan Neta V. Tahap awal, hanya Neta V yang dijual di Indonesia dengan harga Rp 379.000.000.

GWM Haval H6 HEV, LSUV hybrid asal China. Penantang HR-V dan XforceKompas.com/Daafa GWM Haval H6 HEV, LSUV hybrid asal China. Penantang HR-V dan Xforce

2. Haval

Haval jadi salah satu merek otomotif yang berada di bawah payung Great Wall Motors (GWM). Perusahaan otomotif asal China ini sebelumnya sudah resmi menggandeng Indomobil untuk urusan distribusi.

Memulai debut di ajang GIIAS 2023, Haval memperkenalkan dua produknya, yaitu H6 dan Jolion. Keduanya menggunakan teknologi hybrid dan akan dijual pada kuartal pertama 2024.

GWM Tank 500 HEV, SUV Hybrid asal China dengan torsi 500 nmKompas.com/Daafa GWM Tank 500 HEV, SUV Hybrid asal China dengan torsi 500 nm

3. Tank

Selain Haval, Tank juga menjadi salah satu merek otomotif yang berada di bawah naungan Great Wall Motor (GWM).

Merek otomotif ini mengkhususkan produk di segmen Sport Utility Vehicle (SUV). Sama seperti merek GWM sebelumnya, Tank menjadi salah satu merek mobil China di Indonesia memulai debutnya pada ajang GIIAS 2023.

Pada pameran tersebut, Tank memamerkan Tank 500 yang tersedia dalam dua tipe yaitu pro dan deluxe. Mobil yang kental akan nuansa off road premium ini memiliki desain mirip Toyota Land Cruiser.

Baca juga: Sebelum Pergi Berlibur, Pastikan Cek Kondisi Rem Mobil

MOBIL GIIAS 2023KOMPAS.com/Dio Dananjaya MOBIL GIIAS 2023

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com