Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Pengendara Motor Tertimpa Baliho Caleg, Harus Ekstra Waspada

Kompas.com - 30/12/2023, 07:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) awal 2024, banyak baliho Calon Legislatif (Caleg) yang dipasang kurang kokoh. Akibatnya, ketika diterpa angin kencang malah roboh, membahayakan orang lain.

Misal seperti pada video yang diunggah akun Dashcamindonesia di Instagram, ada pengendara motor yang terjatuh karena tertimpa baliho yang roboh. Ukurannya memang tidak besar, tapi bisa menghilangkan keseimbangan pengendara motor.

Menanggapi kejadian tersebut, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, kondisi jalan sekarang yang banyak baliho menambah bahaya yang ada di jalan.

Baca juga: Apakah Motor Listrik Honda EM1 e: Bisa Menerobos Banjir?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

"Banyak sekali yang dipasang pakai bambu, ketika ikatannya kurang kuat bisa tiba-tiba lepas dan roboh. Sebaiknya pengendara motor lebih waspada saat berkendara di jalan yang banyak baliho, apalagi saat hujan dan angin kencang," kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (29/12/2023).

Cara buat meningkatkan kewaspadaan bisa dengan menjaga pandangan yang jauh ke depan saat berkendara. Lalu perhatikan setiap potensi bahaya yang bisa terjadi, sekarang baliho jadi salah satunya.

Baca juga: Libur Akhir Tahun, Polisi Imbau Masyarakat Soal Manajemen Perjalanan


"Jadi kalau tiba-tiba baliho tersebut jatuh maka dengan cepat kita bisa lebih refleks dalam mengambil keputusan yang aman," kata Agus.

Pandangan yang jauh bisa didapatkan kalau pengendara jaga jarak aman dengan kendaraan di depannya. Lalu sering-sering lihat juga ke arah atas, mengingat bisa datang dari mana saja baliho yang terbawa angin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com