Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Pengendara Motor Kesulitan Tegakkan Harley-Davidson, Ada Tekniknya

Kompas.com - 28/12/2023, 16:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video para pengendara sepeda motor mencoba menegakkan Harley-Davidson yang sedang diparkir ramai di media sosial.

Video tersebut diunggah akun fario.muhammad di Instagram. Pemilik akun memberikan kesempatan buat pengendara lainnya untuk mencoba menegakkan motor Harley-Davidson.

Terlihat ada tiga orang yang mencoba menegakkan motor yang lagi di-standar samping tersebut. Mereka terlihat kesulitan, bahkan satu orang malah menjatuhkan motornya ke sisi kanan.

Baca juga: MBP T502X, Motor Petualang Ringkas yang Mirip Harley Pan America

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bro Rio (@fario.muhammad)

 

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, Harley-Davidson itu memang tergolong motor yang bobotnya berat, bahkan seri tertentu sampai di atas 400 Kg.

"Selain sulit buat ditegakkan, kalau dilakukan berulang dan salah (teknik), bisa mencederai tubuh, otot ketarik dan lain-lain," kata Jusri kepada Kompas.com, Kamis (28/12/2023).

Jusri bilang, menegakkan Harley-Davidson ada teknik tersendiri. Bahkan kalau sudah paham caranya, orang yang berat badannya cuma 60 Kg pun bisa melakukannya dengan gampang.

Baca juga: Subsidi Konversi Motor Listrik Sah Jadi Rp 10 Juta, Simak Ketentuannya

 


"Cara paling mudah, pengendara duduk di jok, kaki kanan dan kiri menapak, gerakkan setang, diarahkan ke sisi kanan," kata Jusri.

Kalau posisi setang masih ke kiri, maka akan sangat sulit buat diangkat. Setelah sudah menghadap kanan, jadikan kaki kanan sebagai tumpuan bobot tubuh.

"Jadi kaki kiri taruh di footstep, bobot tumpu ke kanan. Perpindahan bobot tubuh dan motor berbarengan. Tegakkan bukan pakai tangan, tapi pakai otot paha dalam kaki kiri, kekuatannya di paha," ucap Jusri.

Kalau melihat video tadi, kebanyakan menggunakan tangan buat mendorong motor agar tegak. Berbeda dengan kaki, tangan tidak ada ototnya, tidak sekuat otot di paha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com