Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Ducati Kembangkan Motor Desmosedici

Kompas.com - 29/12/2023, 18:01 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

Sumber Motorsport


JAKARTA, KOMPAS.com - Ducati saat ini merupakan pabrikan dengan jumlah motor terbanyak di MotoGP. Ducati punya empat tim, terdiri dari satu tim pabrikan dan tiga tim satelit dengan total delapan motor.

Manager Ducati, Davide Tardozzi mengatakan, punya banyak pebalap merupakan keuntungan tersendiri sebab tiap tim akan mengupayakan yang terbaik. Minusnya ialah terjadi persaingan internal antar pebalap Ducati.

Baca juga: Catat Waktunya, Jalur Puncak Dialihkan Saat Malam Tahun Baru

Meski demikian, persaingan internal bagus jika bisa dikontrol. Kemudian tim pabrikan tidak pernah menyembunyikan data buat tim satelit, artinya Ducati justru mendorong tim satelit punya prestasi bukan sekadar mengekor.

Ducati mempertahankan gelar juara dunia MotoGP lewat Francesco BagnaiaDok. Ducati Ducati mempertahankan gelar juara dunia MotoGP lewat Francesco Bagnaia

Buktinya ialah persaingan antara Enea Bastianini pada musim 2022 saat masih di Gresini Racing dengan Francesco Bagnaia. Kemudian juga pebalap Pramac Racing Jorge Martin pada musim 2023 yang menantang gelar Bagnaia.

"Persaingan antar tim Ducati telah meningkatkan level di dalam pabrik, jadi kami dengan senang hati melakukannya memiliki persaingan internal yang membuat kami berkembang dalam hal data," ujar Tardozzi dilansir dari Motorsport, Jumat (29/12/2023).

"Teknisi kami senang memiliki delapan kesempatan untuk melihat apa yang terjadi dengan motornya," ungkapnya.

Jika dirinci lebih lanjut memang ada perbedaan antara empat tim Ducati. Tim pabrikan Ducati Lenovo dan Pramac Racing memakai motor terbaru. Sedangkan tim satelit Gresini Racing dan VR46 Racing Team pakai Desmosdici lama.

Francesco Bagnaaia, Jorge Martin, dan Brad Binder saat berkompetisi dalam balapan utama MotoGP Valencia 2023 di Sirkuit Ricardo Tormo pada 26 November 2023. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)JOSE JORDAN/AFP Francesco Bagnaaia, Jorge Martin, dan Brad Binder saat berkompetisi dalam balapan utama MotoGP Valencia 2023 di Sirkuit Ricardo Tormo pada 26 November 2023. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)

Dengan pembagian ini Ducati bisa mengembangkan beberapa komponen secara bersamaan.

Misalnya musim lalu (2023) Jorge Martín dan Johann Zarco berinovasi dalam hal fairing aerodinamis. Namun saat pengembangan suku cadang baru, hanya Martin yang diberikan komponen tersebut yang sama dengan punya Bagnaia.

"Sangat jelas. Kami punya delapan Ducati dan kami memperlakukan mereka dengan jujur," ujarnya.

"Apa yang pantas mereka dapatkan tertulis dalam kontrak yang mereka miliki dan mereka bisa melihat semua data pebalap lain," Tardozzi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com