Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

55.000 Kendaraan Lewati Tol Solo-Yogyakarta saat Libur Natal 2023

Kompas.com - 28/12/2023, 12:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) mencatat puluhan ribu kendaraan melewati jalur fungsional Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo Segmen Kartasura sampai Karanganom sepanjang 13 Km.

Angka ini merupakan jumlah kendaraan yang melewati jalur fungsional selama lima hari, yaitu pada H-3 sampai H+1 (22-26 Desember 2023) Natal 2023.

Jalur fungsional Jalan Tol Solo-Yogyakarta beroperasi satu arah dari GT Colomadu (Jalan Tol Trans Jawa) menuju Boyolali dan/atau Kartasura serta menuju Klaten dan/atau Yogyakarta.

Baca juga: PO Aerobus Resmi Meramaikan Bisnis Transportasi, Pakai Double Decker

Kondisi Tol Fungsional Solo-Yogyakarta saat dilalui pada Minggu (24/12/2023).KOMPAS.com/AZWAR FERDIAN Kondisi Tol Fungsional Solo-Yogyakarta saat dilalui pada Minggu (24/12/2023).

"Hanya selama lima hari dibuka, kami mencatat 55.466 kendaraan melewati jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo,” ujar Direktur Utama PT JMJ Suchandra Hutabarat, dalam keterangan resmi, Rabu (27/12/2023).

“Hingga saat ini volume lalu lintas tertinggi tercatat pada Minggu, 24 Desember 2023, dengan lalu lintas tertinggi sejumlah 12.142 kendaraan dengan peningkatan tertinggi ke arah Jogja sebesar 862 kendaraan per jam yang terjadi pada pukul 08.00-09.00 WIB,” kata dia.

Suchandra juga menambahkan, PT JMJ optimis kendaraan yang melewati jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo Segmen Kartasura sampai Karanganom masih akan terus meningkat.

Baca juga: Cara Mengerem Motor Matik di Turunan Curam dan Panjang

Selain dioperasikan pada periode arus mudik periode 22 sampai 31 Desember 2023 secara satu arah dari Solo ke Jogja pada pukul 06.00-17.00 WIB.

Jalan tol ini juga akan mendukung arus balik yang dijadwalkan pada 1 sampai 3 Januari 2024 secara satu arah dari Jogja ke Solo di jam yang sama.

"Pada periode 1-3 Januari 2024 pukul 06.00-17.00 WIB, jalur fungsional ini akan beroperasi satu arah dari GT Karanganom menuju GT Banyudono (untuk tujuan Boyolali dan/atau Kartasura) dan GT Karanganom menuju GT Colomadu (untuk tujuan Jalan Tol Trans Jawa),” ucap Suchandra.

Baca juga: Intip Kabin Bus Tingkat Terbaru DAMRI, Pakai Layanan Pramugari

Kondisi Ruas Kartasura-Karanganom yang merupakan bagian dari jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo akan dibuka sementara pada 22 Desember 2023 hingga 3 Januari 2023.KOMPAS.com/Hilda B Alexander Kondisi Ruas Kartasura-Karanganom yang merupakan bagian dari jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo akan dibuka sementara pada 22 Desember 2023 hingga 3 Januari 2023.

“Sama dengan periode mudik, untuk pengguna jalan dari Jalan Raya Solo-Semarang yang menuju Jalan Tol Trans Jawa juga dialihkan masuk melalui GT Banyudono untuk meneruskan perjalanan melalui GT Colomadu,” ujarnya.

Selain tanggal dan jam pemberlakuan jalur fungsional yang telah ditentukan, arus lalu lintas menuju dan keluar GT Colomadu kembali normal menggunakan akses semula.

PT JMJ telah menyiagakan sarana parasarana dan fasilitas pendukung untuk menunjang operasional jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo di antaranya menyediakan Pos Layanan Informasi Siaga di STA 13+ 00 dan posko petugas yang disiagakan di beberapa titik rawan kepadatan.

Baca juga: Imbas Skandal, Toyota-Daihatsu Kasih Kompensasi ke Pemasok

Pertigaan Tugu Kartasura di Sukoharjo, Jawa Tengah, kerap menjadi salah satu titik rawan kemacetan saat arus mudik karena menjadi persimpangan jalur utama dari arah Semarang, Jogjakarta dan Solo. KOMPAS.com/M Wismabrata Pertigaan Tugu Kartasura di Sukoharjo, Jawa Tengah, kerap menjadi salah satu titik rawan kemacetan saat arus mudik karena menjadi persimpangan jalur utama dari arah Semarang, Jogjakarta dan Solo.

“Apabila pengguna jalan mengalami keadaan darurat, kami menyediakan MCS (Mobile Customer Service), ambulance, BBM mobile, toilet portable serta layanan derek gratis hingga exit tol terdekat,” kata Suchandra.

Diharapkan dengan adanya jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo ini bisa mengatasi kepadatan yang sering terjadi di Tugu Kartasura dan Pasar Delanggu.

Serta melewati 10 traffic light dari Tugu Kartasura sampai dengan Karanganom yang sering terjadi terutama pada periode libur panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com