Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Oli Gardan Skutik Mengental, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Kompas.com - 22/12/2023, 19:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video oli yang sangat kental sedang dikeluarkan dari gardan skuter matik, ramai di Instagram. Bahkan dibilang kalau ganti oli dibilang marketing, padahal memang sangat penting buat rutin ganti oli.

Bisa dilihat pada video yang diunggah akun Agoezbandz, terlihat olinya dikeluarkan paksa pakai angin kompresor. Tapi sebenarnya ada beberapa hal yang bisa menyebabkan oli mengental, bukan cuma karena lama tidak ganti oli.

Sumantri Tawijaya, pemilik bengkel Jaya Motors di Tangerang bilang, berdasarkan video tersebut, kemungkinan karena air masuk ke dalam gardan, tercampur dengan oli.

Baca juga: Ke Mana Larinya Limbah Oli Bekas Kendaraan Bermotor?

 

"Jadi seperti ada air masuk bercampur dengan oli gardan," kata pria yang akrab disapa Koh Jaya kepada Kompas.com, Jumat (22/12/2023).

Soal oli yang jarang diganti, kemungkinan besar adalah habis atau kering, bukan sampai mengental. Kalau sudah kemasukan air, maka langkah yang harus dilakukan cuma ganti saja, dan memeriksa kebocoran.

Baca juga: Pelat Nomor RF Tidak Berlaku Lagi, Ini Kode Penggantinya


"Cek berkala kalau ketemu atau melewati banjir dan hujan berat," kata Koh Jaya.

Kalau sudah dicek dan ada kebocoran, maka lebih baik dibuat rapat lagi, dari seal dan sebagainya. Sehingga oli gardan tidak mengental dan tidak membuat performa mesin menurun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com