Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan Honda Siapkan Dua Motor Listrik Lagi

Kompas.com - 22/12/2023, 08:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Honda Motor (AHM) telah memenuhi janjinya meluncurkan dua model motor listrik pada 2023, Honda EM1 e: dan EM1 e: Plus yang hadir sebagai varian pelengkap dengan aksesori tambahan.

Usai peluncuran tersebut, AHM menyatakan bakal ada tujuh model moped listrik atau sepeda motor listrik yang diluncurkan di Tanah Air secara bertahap hingga 2030.

Secara lebih rinci, dari tujuh model tersebut, dua model telah dirilis pada 2023, dua model pada 2024, dan sisanya yang berjumlah tiga model diperkirakan rilis antara 2025 sampai 2030.

Baca juga: Mobil Toyota-Daihatsu Indonesia yang Terimbas Skandal Keselamatan

Honda EM1 e: diproduksi di pabrik AHM di Pegangsaan, Jakarta Utara.Dok. AHM Honda EM1 e: diproduksi di pabrik AHM di Pegangsaan, Jakarta Utara.

Thomas Wijaya, Executive Vice President Director PT AHM, mengatakan, Indonesia bakal menjadi salah satu pusat pengembangan dan juga basis produksi motor listrik.

"30 model itu secara global, tapi kita kembali lagi melihat market di sini. Ada tujuh model yang sudah kita umumkan tahun lalu, sambil melihat demand dan pasarnya seperti apa di sini,” ujar Thomas di Cikarang (21/12/2023).

"Bisa saja dari rencana tujuh model itu bisa berkembang menjadi lebih banyak lagi,” kata dia.

Baca juga: Tanggapan PO Rosalia Indah Soal Keterlibatan Kru pada Kasus Pencurian

Thomas juga mengatakan, Honda akan menambah investasinya di Indonesia untuk pengembangan motor listrik selanjutnya.

“Tentu investasi ada yang dikeluarkan, dan ini investasi tahap awal untuk EM1 e: dan EM1 e: Plus. Tentu di tahun depan kami juga mengeluarkan lebih dari satu model lagi, sehingga tentu investasi ini akan kami lakukan secara bertahap,” ucap Thomas.

“Jadi di awal untuk EM1 Series ini, dan tentunya nanti kami akan meningkatkan investasi di produk line up berikutnya,” ujarnya.

Baca juga: Pelat Nomor RF Tidak Berlaku Lagi, Ini Kode Penggantinya

Honda EM1 e:KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Honda EM1 e:

Seperti diketahui, motor listrik Honda EM1 e: berhak mendapat jatah subsidi seiring dengan pemenuhan syarat Tingkat Komponen Dalam Negeri atau TKDN minimal 40 persen.

Alhasil, harga motor listrik Honda EM1 e: dipatok sebesar Rp 33 juta dan Rp 33,5 juta buat EM1 e: Plus, atau cukup setara dengan skutik PCX 160.

Banderol Rp 33 juta tersebut sudah termasuk subsidi pemerintah senilai Rp 7 juta. Artinya, harga Honda EM1 e: sebelum dipotong subsidi sekitar Rp 40 juta dan Rp 40,5 juta buat EM1 e: Plus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com