Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aleix Espargaro Mau Jajal Jadi Wildcard di WorldSBK

Kompas.com - 22/12/2023, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP musim 2024 akan lebih padat jadwalnya dibandingkan tahun ini. Meski demikian, Aleix Espargaro justru berencana untuk menjadi wildcard di World Superbike (WorldSBK).

Pada akun Instagram miliknya, belum lama ini, Aleix mengunggah foto dirinya dan Aprilia RSV-1100. Motor tersebut sedang dia persiapkan untuk latihan.

Baca juga: Aleix Espargaro Desak Dorna Minta Aturan Tekanan Ban Dihapuskan

Namun, dalam unggahannya tersebut, dia juga mengatakan kepada pengikutnya di Instagram, bahwa akan keren jika melakukan wildcard di WorldSBK dengan motor tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Aleix 41 (@aleixespargaro)

Normal jika para pebalap MotoGP menggunakan motor superbike untuk latihan di sirkuit. Sebab, motor tersebut memang diproduksi massal. Berbeda dengan motor MotoGP yang statusnya purwarupa.

Meskipun, secara elektronik dan kecepatan maksimum perbedaannya cukup signifikan. Tapi, latihan dengan menggunakan motor superbike tetap dapat melatih insting para pebalap.

Baca juga: Balik Lagi ke Indonesia, Aleix Espargaro Berminat Tinggal di Bali

Selama ini, belum ada pebalap MotoGP yang melakukan wildcard di WorldSBK. Sebaliknya, ada beberapa pebalap WorldSBK yang mendapat kesempatan untuk menjadi wildcard di MotoGP.

Juara WorldSBK Alvaro Bautista akhirnya bisa mengetes motor balap MotoGP, untuk pertama kalinya sejak 2018 atau dalam 5 tahun terakhir.Twitter @arubaracing Juara WorldSBK Alvaro Bautista akhirnya bisa mengetes motor balap MotoGP, untuk pertama kalinya sejak 2018 atau dalam 5 tahun terakhir.

Alasannya, untuk memberikan hadiah atau penghargaan kepada pebalap WorldSBK tersebut. Sebab, banyak sekali pebalap yang bermimpi untuk bisa balapan di MotoGP.

Seperti yang dilakukan oleh Ducati pada MotoGP Malaysia 2023. Pabrikan asal Italia ini menurunkan Alvaro Bautista sebagai wildcard sebagai hadiah karena dirinya berhasil meraih gelar juara dunia WorldSBK 2023.

Kebetulan, Bautista merupakan mantan pebalap MotoGP sejak musim 2010 hingga 2018. Tidak menutup kemungkinan Aleix akan beralih ke WorldSBK ketika pensiun dari MotoGP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com