Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Bodi Bus Baru yang Meluncur pada 2023

Kompas.com - 19/12/2023, 09:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini desain bodi bus terus berkembang makin modern, bahkan sepanjang 2023 ada berbagai bodi bus baru bermunculan dari beragam karoseri.

Oleh karena itu persaingan antar karoseri bus di Tanah Air kian sengit pada tahun ini dengan merilis bodi bus terbaru yang punya keunggulan masing-masing. 

Sebelum berganti tahun menuju 2024, berikut telah Kompas.com rangkum bodi bus yang meluncur sepanjang 2023:

1. Legacy SR3 Double Decker dan Tourista SR3 - Karoseri Laksana

 

Bus tingkat Legacy SR3 Double Decker Ultimate Edition Kompas.com/Fathan Bus tingkat Legacy SR3 Double Decker Ultimate Edition

Laksana menjadi karoseri yang turut meluncurkan beberapa bodi bus baru pada 2023. Salah satu bodi bus anyar yang diluncurkan oleh Karoseri asal Kota Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah tersebut adalah Legacy SR3 Double Decker. 

Bodi Legacy SR3 Double Decker merupakan model bus tingkat yang punya tampilan minimalis namun mewah seperti bus Eropa. Misalnya pada bagian eksterior bus yang tampil polos tidak banyak menggunakan ornamen, bahkan ukuran bando bus juga lebih tipis.  Secara keseluruhan, eksterior dan interior tampil elegan dilengkapi dengan garis desain yang modern dan kokoh. 

Laksana luncurkan Legacy SR3 Double Decker dan Tourista SR3KOMPAS.com/JANLIKA Laksana luncurkan Legacy SR3 Double Decker dan Tourista SR3

Masih di tahun yang sama, Karoseri Laksan juga meluncurkan bodi baru bernama Tourista SR3. Jenis bodi medium bus ini telah dirancang dengan tampilan sporty dan agresif di bagian luar tapi mewah di kabinnya. Uniknya, kisi-kisi AC Tourista SR3 punya model seperti di mobil penumpang, bisa diarahkan berbagai sudut dan ditutup.

Baca juga: Cara United E-Motor Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan

3. Jetbus 5 - Karoseri Adiputro

Bodi bus SHD Single Glass Jetbus 5 KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bodi bus SHD Single Glass Jetbus 5

Pada tahun ini Karoseri Adiputro meluncurkan enam varian Jetbus 5 yang melanjutkan gerasi sebelumnya, yakni Jetbus 3. Keenam varian bodi Jetbus 5 tersebut yakni MHD Dream Coach Jetbus 5, MHD Single Glass Jetbus 5, SHD Single Glass Jetbus 5, SHD Double Glass Jetbuss 5, Medium Single Glass Jetbus 5, dan SDD atau Double Decker Jetbus 5.

Secara spesifikasi, tampang bodi Jetbus 5 tampil lebih modern dan futuristik lantaran melakukan ubahan pada detail eksterior yang membuatnya tampil beda dengan Jetbus 3. Misalnya penggunaan lampu head lamp  dengan bentuk terpisah menyerupai mobil keluaran tebaru.

Lalu bagian atas headlamp menggunakan lampu LED dengan bentuk garis memanjang menyerupai alis. Ubahan lainnya, pada kaca spion Jetbus 3 hanya terdapat aksen lampu garis satu berbentuk vertikal, kini aksen lampu menjadi dua garis dengan pola menyamping. 

Baca juga: HDC Tasikmalaya, Banyak Talenta Pebalap Muda Bermunculan

3. Avante Grand Captain- Karoseri Tentrem

Avante H9 Grand Captain milik karoseri Tentrem di GIIAS 2023KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Avante H9 Grand Captain milik karoseri Tentrem di GIIAS 2023

Karoseri Tentrem juga meluncurkan bodi terbaru dengan melucurkan varian Avante Grand Captain. Bodi ini tetap mengadopsi DNA desain dari bodi Avante generasi sebelumnya yang selalu tampil gahar dan mewah.

Namun, pada bagian kabin bodi Grand Captain dibuat agar bangku penumpang paling depan adalah posisi paling nyaman.

Maka dari itu, area paling depan di atas kursi sopir terdapat dua kursi penumpang model selonjoran atau sleeper. Kedua kursi tersebut menawarkan posisi terbaik bagi penumpang agar bisa melihat pemandangan ke luar bus dengan jelas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com