BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Wuling

Compact tapi Lega, Begini Nyamannya Wuling BinguoEV yang Dilengkapi Beragam Fitur Modern untuk Berkendara Bersama Keluarga

Kompas.com - 18/12/2023, 12:52 WIB
Aningtias Jatmika,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Compact dan lega. Dua kata tersebut memang memiliki arti berlawanan. Namun, kedua hal inilah yang dirasakan Nadia Juliana dan sang suami, Kevin Keito, setelah menjajal Wuling BinguoEV.

Ditemui saat menghadiri peluncuran Wuling BinguoEV bertajuk “The Launch of Wuling BinguoEV” yang digelar di Grand Atrium, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (15/12/2023), pasangan kreator konten ini “berdebat” soal keunggulan Wuling BinguoEV.

Adapun Nadia menyoroti kabin BinguoEV yang terbilang lega sehingga memudahkan dirinya saat membawa banyak barang.

“Aku pikir mobil listrik itu cenderung (berukuran) kecil, kan? Surprisingly, (kabin mobil ini luas, sehingga) bisa diisi banyak (barang). Ngebantu banget pas aku belanja,” ujar ibu satu anak itu.

Berbeda dengan Nadia, Kevin justru menyukai bentuk Wuling BinguoEV yang compact. Dengan desain ini, Kevin yakin dirinya bakal semakin mudah bermobilisasi.

“Apalagi jika berkendara di jalanan atau gang kecil di Jakarta. Begitu pula (dipakai berkendara) saat macet,” kata Kevin.

Meski berbeda pendapat, orangtua dari Bumi Rakamulya Oei itu sepakat bahwa Wuling berhasil menghadirkan kendaraan listrik yang nyaman untuk keluarga.

Baca juga: Ketua Umum Periklindo Moeldoko Sambut Baik Komitmen Wuling dalam Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik Tanah Air lewat Peluncuran Wuling BinguoEV

Pada media briefing yang digelar setelah peluncuran, Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko menjelaskan secara detail spesifikasi Wuling BinguoEV kepada awak media.

“Wuling BinguoEV tampil dengan desain yang compact dan proporsional serta mengusung dimensi yang mengoptimalkan ruang dan kenyamanan,” kata Danang.

Dengan dimensi 3,950 x 1,708 x 1,580 mm, lanjut dia, kendaraan itu mencerminkan perpaduan harmonis antara gaya modern dan efisiensi bergerak.

Secara keseluruhan, eksterior BinguoEV sendiri memiliki desain timeless. Pada bagian depan terdapat X-Shaped LED Headlamp dan Diamond Shaped Grille.

Interior Wuling BinguoEVWuling Interior Wuling BinguoEV

Kemudian, BinguoEV juga mengaplikasikan Impresive Two-Tone Body Color dan Water Splash Wheel Cap sehingga menghadirkan tampilan elegan dengan kesan unik.

“Di sisi belakang, BinguoEV dilengkapi dengan X-Shaped LED Tail Lights serta Streamline Ducktail yang memberikan sentuhan modern dan futuristik,” tambah Danang.

Dengan soft synthetic leather pada bagian interior, kendaraan tersebut memberikan nuansa berkelas dan kenyamanan ekstra bagi pengemudi dan penumpang.

Kehadiran Floating Island Center Console turut menambah sentuhan modern dan futuristik pada interior sekaligus memberikan kesan ruang yang lebih luas dan fungsional.

Baca juga: Resmi Dijual Mulai Rp 300 Juta-an, Wuling BinguoEV Siap Jadi New Ikon Tren Berkendara Listrik di Indonesia

Tidak hanya itu, keberadaan trims and ceramic glaze texture pada beberapa bagian interior menunjukkan perhatian Wuling terhadap detail dan kualitas. Sentuhan ini menciptakan atmosfer elegan dan menyenangkan di setiap perjalanan.

Wuling BinguoEV juga menawarkan kabin yang lapang serta ruang penyimpanan yang luas dan mudah diakses.

Pengemudi dan penumpang dapat dengan mudah mengatur barang-barang mereka berkat keberadaan 15 kompartemen. Terdapat pula Deep Sunk Style Trunk Space yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan lebih banyak barang di bagasi.

“Keseluruhan luas bagasi BinguoEV dengan bangku baris kedua yang dilipat dapat mencapai 790 liter sehingga dapat mendukung mobilitas harian keluarga,” jelas Danang.

Wuling BinguoEV punya luas bagasi hingga 790 literKOMPAS.com/Aningtias Jatmika Wuling BinguoEV punya luas bagasi hingga 790 liter

Dia melanjutkan, Wuling BinguoEV juga membawa pengalaman berkendara efisien. Hal ini tecermin dari biaya perawatan rendah dan kemudahan pengisian daya di rumah.

Pengalaman mengemudi pun terasa premium dengan beragam fitur pendukung fungsional yang meliputi Smart Entry and Smart Start, Multifunction Steering Wheel yang dibalut Syntenthic Leather, layar ganda 10,25 inci TFT Dual Screen, dan 6-way Electric Adjustable Driver Seat.

Kemudian, ada pula Cruise Control, Rear Parking Sensor and Camera, Electric Parking Brake, 4 Speakers, dan Distinctive Rotary Gear Selector.

“Terdapat empat mode berkendara yang menjadikan perjalanan semakin nyaman, yaitu ECO, ECO+, Sport, dan Normal,” kata Danang.

Fitur-fitur penunjang keselamatan pun turut dihadirkan pada Wuling BinguoEV, mulai dari Electric Parking Brake, Auto Vehicle Holding, Electronic Stability Control, ABS and EBD, TPMS, ISOFIX, hingga 2 SRS Airbag.

Baca juga: Meluncur Hari ini, Berikut Bocoran Spesifikasi Wuling Binguo EV

Beralih pada aspek performa serta kapasitas baterai, BinguoEV dilengkapi motor listrik berdaya maksimal 50 kWh. Tenaga yang dihasilkan berasal dari transmisi Single Reduction Gear ke roda belakang.

Wuling BinguoEV juga didukung baterai lithium ferro-phosphate (LFP) berstandar IP67 berkapasitas 31,9 kWh bagi tipe Long Range. Sementara, pada tipe Premium Range, Wuling menyematkan baterai LFP berkapasitas 37,9 kWh.

Sebelum mengakhiri wawancara dengan Kompas.com, Nadia menambahkan bahwa keberadaan Isofix pada jok Wuling BinguoEV berhasil mencuri hatinya.

“Satu lagi yang mencuri hatiku adalah mobil ini sudah dilengkapi Isofix pada joknya sehingga aku mudah memasang car seat untuk Bumi. Berkendara bersama keluarga pun semakin nyaman dan aman,” imbuh Nadia.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com