Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim 2024, Yamaha Tak Akan Pakai Semua Wildcard

Kompas.com - 17/12/2023, 17:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Motorsport


JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem konsesi baru memungkinkan Yamaha memasukkan enam wildcard di MotoGP 2024. Namun Yamaha menilai jumlah itu terlalu banyak dan diperkirakan hanya memakai setengah jatah.

Lin Jarvis, direktur umum Yamaha Motor Racing, mengatakan, rencananya akan lebih memaksimalkan peran pebalap uji Cal Crutchlow dan menggelar lebih banyak tes di sirkuit-sirkuit Eropa.

Baca juga: Inden Mobil Listrik Wuling Binguo EV Tembus Dua Bulan

“Tidak masuk akal jika wildcard ini tidak menjadi bagian dari program pengembangan kami,” kata Lin Jarvis dilansir dari Motorsport, Minggu (16/12/2023).

Fabio Quartararo saat menjalani sesi tes Valencia MotoGP 2024@mj_photogp Fabio Quartararo saat menjalani sesi tes Valencia MotoGP 2024

“Tetapi tanpa ragu kami akan melakukan lebih banyak wildcard, karena satu wildcard sangatlah sedikit. Saya yakin kami akan melakukan setidaknya tiga, mungkin lebih. Kami telah memperpanjang kontrak Cal (Crutchlow) selama dua tahun. Kami juga akan menyelenggarakan lebih banyak tes di Eropa," ujarnya.

Crutchlow mengonfirmasi bahwa ia akan mengikuti lebih banyak balapan pada tahun 2024, meski programnya belum sepenuhnya ditentukan.

Baca juga: Jalan Tol yang Sepi Bukan Berarti Aman dari Bahaya

“Ada banyak kemungkinan skenario dengan peraturan tersebut,” kata pebalap asal Inggris tersebut.

Test rider Yamaha MotoGP Cal CrutchlowDok. Paddock GP Test rider Yamaha MotoGP Cal Crutchlow

"Bagaimanapun, kami sudah punya rencana. Saya mungkin akan melakukan tiga wildcard, saya rasa kami tidak akan berbuat lebih banyak, sesederhana itu. Itu bisa berubah, karena peraturannya sudah berubah," ujarnya.

Crutchlow juga memiliki program pengujian yang intens sepanjang tahun 2023 dan berharap dapat melakukan "satu tes lagi" sebelum dimulainya musim 2024 untuk membantu Fabio Quartararo dan Alex Rins.

Crutchlow sadar bahwa tugasnya berat sebab saat ini Yamaha tidak punya tim satelit. Data yang dipakai dan dianalisis hanya punya Quartararo sedangkan musim lalu penampilan pebalap asal Perancis tersebut bisa dibilang melempem.

Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, saat beraksi pada Free Practice 1 MotoGP Catalunya 2023 di Circuit de Barcelona-Catalunya, Montmelo, Jumat (1/9/2023). Artikel ini berisi jadwal MotoGP Catalunya 2023. (Photo by Josep LAGO / AFP)AFP/JOSEP LAGO Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, saat beraksi pada Free Practice 1 MotoGP Catalunya 2023 di Circuit de Barcelona-Catalunya, Montmelo, Jumat (1/9/2023). Artikel ini berisi jadwal MotoGP Catalunya 2023. (Photo by Josep LAGO / AFP)

“Yang tidak dimiliki Yamaha adalah sepeda motor di lintasan,” katanya.

"Kami hanya punya dua sepeda motor, jadi kami harus melakukan tes pramusim sebanyak mungkin. Dalam beberapa tahun terakhir kami belum melakukan itu," ujar Crutchlow.

"Saya pikir hal itu menghambat para pebalap sebelum balapan pertama, karena hanya memiliki dua motor. Kami akan melakukannya memiliki setidaknya satu motor lagi," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com