Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Tes Pengereman Ban Bridgestone Ecopia EP300

Kompas.com - 15/12/2023, 13:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bridgestone Tire Indonesia belum lama ini meluncurkan Ecopia EP300. Menggantikan produk sebelumnya, yaitu Ecopia EP150, ban ini diklaim memiliki sejumlah keunggulan untuk penggunaan sehari-hari.

Ban EP300 memiliki teknologi Enliten yang diklaim ramah lingkungan, bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar, cengkeraman basah yang unggul dan masa pakai yang lebih lama.

Tim redaksi berkesempatan untuk mengetes performa Bridgestone Ecopia EP300 di Bridgestone Proving Ground, Karawang, Jawa Barat, belum lama ini.

Baca juga: Pasar Mobil Nasional Positif November 2023, Suzuki Geser Mitsubishi

Ada beberapa parameter yang dilakukan pada pengetesan performa Ecopia EP300, mulai dari tes pengereman di lintasan basah dan kering, tes akselerasi, free roll test, tes kenyamanan kabin, dan tes stabilitas saat melintas di jalan kering dan basah.

Pada artikel kali ini, akan membahas mengenai tes pengereman. Metode pengetesan menggunakan alat racelogic, pengukur kecepatan berdasarkan GPS. Pada alat tersebut bisa tercatat hasil deselerasi.

Mobil akan direm secara mendadak (hard braking) pada kecepatan 60 Km per jam (Kpj) sampai berhenti atau 0 Kpj. Sehingga, akan didapat seberapa jauh (meter) mobil dapat berhenti dari kecepatan tersebut.

Baca juga: Meluncur Hari ini, Berikut Bocoran Spesifikasi Wuling Binguo EV

Hasilnya, jarak pengereman menggunakan ban Ecopia EP300 di trek kering 17,5 meter. Sementara untuk di lintasan basah 19,2 meter.

Berdasarkan hasil pengetesan tersebut, dapat terlihat bahwa pengereman pada kondisi aspal basah pun ban Ecopia EP300 dapat menghasilkan performa pengereman yang tidak jauh berbeda dengan trek kering.

Terlihat bahwa kondisi pengereman di trek basah dan trek kering hanya selisih 1,7 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com