Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Indonesia Masih Belum Paham Manfaat Pakai Helm Saat Berkendara

Kompas.com - 06/12/2023, 20:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara motor di Indonesia masih kurang paham apa fungsi dari helm. Makanya masih sering terlihat orang yang pakai helm saat ada Polisi atau tidak memakainya sama sekali.

Padahal, helm memiliki fungsi yang sangat krusial, melindungi kepala dari cedera parah saat kecelakaan. Kepala juga organ tubuh paling penting, di mana ada otak yang menggerakkan tubuh.

Ahmad M dari Belajar Helm juga miris melihat orang Indonesia yang masih belum tahu manfaatnya pakai helm saat berkendara.

Baca juga: Cara Pilih Helm yang Nyaman untuk Pemotor Wanita

Pelajar SMP di bawah umur mengendarai motor sembari merokok dan tidak menggunakan helm Kompas.com/Daafa Alhaqqy Pelajar SMP di bawah umur mengendarai motor sembari merokok dan tidak menggunakan helm

"Di sini orang pakai helm hanya untuk menghindari razia oleh Polisi. Padahal manfaat berhelm lebih dari menyelamatkan nyawa," kata Ahmad kepada Kompas.com, Selasa (5/12/2023).

Ahmad menjelaskan, saat memakai helm dan mengalami kecelakaan, bisa membantu mengurangi kecacatan saat terlibat kecelakaan. Bahkan kalau parah, helm bisa mencegah kematian.

Baca juga: PO Juragan 99 Trans Borong 30 Unit Sasis Bus Mercedes-Benz


"Pusat syaraf manusia itu ada di bagian kepala," kata Ahmad.

Sayangnya, orang di Indonesia lebih ke arah reaktif, harus alami kecelakaan dulu baru tau pentingnya pakai helm. Bahkan, video viral kecelakaan di media sosial pun tidak membuatnya merasa takut saat berkendara tanpa helm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com