Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Desain Kabin Sleeper Bus Mewah di Indonesia

Kompas.com - 24/11/2023, 16:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai layanan dan fasilitas kini diberikan oleh perusahaan otobus (PO) untuk menarik minat penumpang.

Misalnya seperti layanan sleeper bus yang beberapa tahun ini menjadi tren bagi dunia bus di Tanah Air. Bahkan, tidak sedikit PO yang kini meluncurkan sleeper bus untuk melayani penumpang.

Sleeper bus sendiri merupakan desain kabin bus yang memiliki kursi penumpang model selonjoran selayaknya kasur. Kursi pada sleeper bus dirancang agar penumpang lebih nyaman saat tidur selama perjalanan. 

Biasanya, setiap PO menawarkan desain kabin yang berbeda pada setiap sleeper bus. Mulai dari yang model standar, bahkan ada juga yang unik dan mewah. 

Berikut Kompas.com rangkum beberapa sleeper bus yang punya desain kabin mewah : 

1. PO Sinar Jaya 

PO Sinar Jaya Sleeper Bus memiliki kabin yang nyamanKompas.com/Erwin Setiawan PO Sinar Jaya Sleeper Bus memiliki kabin yang nyaman

Sinar Jaya menjadi salah satu PO yang punya layanan bus AKAP dengan kursi model selonjoran. Sleeper bus milik Sinar Jaya biasanya disebut dengan Suite Class. Pada kabin bus ini dirancang dengan tampilan yang cukup unik dan tidak seperti sleeper bus pada umumnya. 

Pada bus Suite Class ini, jok ditumpuk bertingkat kanan dan kiri dengan konfigurasi 1-1. Jok tersebut dapat direbahkan hingga 150 derajat sehingga penumpang bisa rebahan layaknya tempat tidur.

Bahan jok nyaman, terbuat dari busa berbalut perpaduan kain bludru dan kulit asli membuatnya terasa mewah. Bus ini punya kapasitas 22 orang penumpang.

Bus juga dilengkapi audio video on demand (AVOD) yang bisa memutar lagu, film, navigasi dan permainan untuk menemani perjalanan setiap penumpang.

Baca juga: Selain Pakai Mobil RWD, Ini Tips Bisa Melibas Tanjakan Spongebob

2. PO Juragan 99 Trans

Sleeper bus PO Juragan 99 TransInstagram @juragan99trans Sleeper bus PO Juragan 99 Trans

PO Juragan 99 Trans juga menawarkan layanan bus AKAP dengan kursi model selonjoran yang di beri nama Takumi dan Takeshi.

Sleeper bus ini menggunakan balutan bodi Jetbus 3+ SHD yang memiliki 11 bangku sleeper model dream coach.

Dream Coach sendiri merupakan inovasi terbaru dari Jetbus series dari Karoseri Adiputro dengan mengusung tema bus kapsul yang mirip kamar pada hotel kapsul. 

Susunan atau konfigurasi dari setiap kapsul atau bangku penumpang yakni 1 -1. Setiap kapsul atau bangku juga diberikan penutup hordeng. Maka dari itu penumpang bisa lebih privasi atau eksklusif saat menikmati perjalanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com