Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unggul di Tanjakan Spongebob, Pahami Penyakit Umum Avanza Reborn

Kompas.com - 24/11/2023, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Toyota Avanza generasi kedua lansiran 2011 sampai 2020, atau biasa disebut Avanza Reborn, sempat popular di bursa mobil bekas belum lama ini. Tak disangka, penyebabnya adalah fenomena viral tanjakan Spongebob.

Jalan alternatif menuju kawasan wisata Lembang menjadi pilihan wisatawan saat volume kendaraan dari arah Kota Bandung melalui Jalan Raya dr Setiabudi -Jalan Raya Lembang padat.

Tanjakan ini berupa trek lurus cukup panjang dengan kemiringan medan mencapai 30 derajat, namun sulitnya jalan ini tidak cukup lebar hanya muat satu mobil, sehingga harus bergantian dengan pengguna jalan dari arah berlawanan.

Baca juga: Gara-gara Tanjakan Spongebob, Avanza Reborn Bekas Ramai Peminat

Abah Engkos (70) tengah mengatur lalu lintas di Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Abah Engkos (70) tengah mengatur lalu lintas di Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).

Kondisi tersebut membuat pengemudi harus memulai menanjak dengan kecepatan pelan atau butuh persiapan sehingga keahlian serta mental pengemudi diuji saat melewatinya.

Selain keahlian pengemudi, kendaraan yang digunakan juga dianggap mempengaruhi keberhasilan melibas tanjakan Spongebob. Salah satu unit yang diunggulkan adalah Avanza Reborn karena masih menggunakan penggerak roda belakang (RWD).

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan Avanza generasi kedua memiliki penyakit umum karena usianya sudah belasan tahun sejak pertama mengaspal.

Baca juga: Pasar LMPV Tumbuh Signifikan Jelang Akhir Tahun, Avanza Kokoh di Posisi Puncak

Modifikasi tampilan Avanza tipe G menjadi Veloz tahun 2020Dok. Instagram @jacgarage Modifikasi tampilan Avanza tipe G menjadi Veloz tahun 2020

“Perbaikan kaki-kaki biasanya mulai dibutuhkan Avanza generasi kedua ini, selain itu transmisi matiknya juga perlu diwaspadai,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Senin (11/9/2023).

Pemilik bengkel di Polokarto, Kabupaten Sukoharjo ini mengatakan peredam kejut Avanza generasi kedua yang sudah lemah bisa menimbulkan bunyi tidak wajar hingga penurunan performa ketika melaju di jalan tidak rata.

Selain bunyi, bantingan suspensi bisa menjadi lebih keras atau justru mobil terasa limbung saat melaju kencang karena kemampuan peredam kejut sudah menurun.

Baca juga: Cara Mudah Hilangkan Ngelitik pada Mesin Avanza

Modifikasi Toyota AvanzaAlfin Photoworks Modifikasi Toyota Avanza

“Peredam kejut depan dan belakang sangat berpengaruh terhadap kenyamanan mobil, maka dari itu sebaiknya segera diperbaiki atau diganti bila sudah rusak,” ucap Muchis.

Selain itu, beberapa bunyi tidak wajar di area roda bisa timbul seperti bunyi berdengung saat mobil melaju.

“Bunyi dengung merupakan salah satu tanda bearing roda sudah aus, sehingga putarannya tidak sehalus kondisi barunya, sehingga butuh diganti,” ucap Muchlis.

Muchlis mengatakan beberapa gejala kerusakan di atas bisa timbul pada Avanza tahun 2011 ke sini. Sehingga konsumen perlu memperkirakan kemungkinan-kemungkinan tersebut sebelum membelinya.

Baca juga: Daftar Harga Toyota Avanza Bekas, mulai Rp 68 Jutaan

Modifikasi Toyota AvanzaAlfin Photoworks Modifikasi Toyota Avanza

“Biaya perbaikan kaki-kaki Avanza generasi kedua total bisa tembus Rp 6 jutaan, menggunakan peredam kejut orisinal Toyota,” ucap Muchlis.

Sementara itu, ada juga penyakit lainnya pada sektor transmisi, khususnya yang tipe matik. Seperti yang diketahui, Avanza generasi kedua menggunakan transmisi AT konvensional 4 percepatan.

“Kerusakan transmisi matik bisa terjadi, semenara biaya perbaikannya perlu diperkirakan, mulai Rp 6 juta sampai Rp 12 juta tergantung apa saja perbaikan yang dilakukan,” ucap Muchlis.

Nah, itu tadi beberapa penyakit umum Avanza Reborn sehingga bisa menjadi tambahan informasi sebelum membelinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com