Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Gara-gara Tanjakan Spongebob, Avanza Reborn Bekas Ramai Peminat | LSUV Terlaris Oktober 2023: Terios Geser Rush, Stargazer X Melambat

Kompas.com - 24/11/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Avanza generasi kedua lansiran 2011 - 2020, atau biasa disebut Avanza Reborn, sempat mengalami popularitas di bursa mobil bekas, belum lama ini.

Popularitas tersebut diakui oleh beberapa pedagang mobil bekas di sentra otomotif. Alasannya juga cukup lucu, yakni karena fenomena ‘tanjakan spongebob’, kejadian viral yang sempat populer di pertengahan tahun.

Untuk diketahui, istilah tanjakan spongebob mengacu kepada jalan dengan elevasi tidak normal dan sudut kemiringannya sangat curam, bahkan bisa di atas 30 derajat. Sudah ada banyak dokumentasi sosial media yang merekam kejadian semacam ini.

Selain itu, Daihatsu Terios berhasil merebut takhta Low Sport Utility Vehicle (LSUV) terlaris di pasar dalam negeri pada periode Oktober 2023.

Hasil tersebut, berdasarkan data yang diolah dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berkat kenaikan penjualan yang sangat signifikan yakni 85 persen dibandingkan satu bulan sebelumnya.

Sementara Toyota Rush yang selalu berada di posisi puncak jajaran SUV murah, harus terkoreksi cukup dalam, 22,8 persen, yaitu dari 3.025 unit jadi tersisa 2.334 unit.

Baca juga: 6 Ruas Tol yang Akan Terapkan Transaksi Nirsentuh MLFF

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Kamis, 23 November 2023 :

1. Gara-gara Tanjakan Spongebob, Avanza Reborn Bekas Ramai Peminat

Abah Engkos (70) tengah mengatur lalu lintas di Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Abah Engkos (70) tengah mengatur lalu lintas di Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).

Kaitan kejadian tersebut dengan meningkatnya penjualan Avanza Reborn, adalah karena mobil LMPV ini menggunakan penggerak belakang (RWD), dan harganya kini sudah sangat murah.

Michael Mandala, Penanggung Jawab Sentra Mobil Bekas Mandala Mobilindo Gading Serpong mengatakan, permintaan untuk Avanza Reborn memang sempat meningkat drastis selama bulan Juli-Agustus 2023.

Baca juga: Gara-gara Tanjakan Spongebob, Avanza Reborn Bekas Ramai Peminat

2. LSUV Terlaris Oktober 2023: Terios Geser Rush, Stargazer X Melambat

Daihatsu Terios bekas yang dijual oleh mobil88Kompas.com/Donny Daihatsu Terios bekas yang dijual oleh mobil88

Alhasil, Terios yang sudah dua kali mencicipi jabatan LSUV terlaris di pasar domestik, kembali mengalahkan produk kembarannya sendiri, Rush.

Kali pertama, terjadi pada Juni 2023, di mana kala itu, Terios mampu membukukan penjualan 2.440 unit sementara Rush yang mengalami gejolak dari pasar hanya mencapai penjualan 1.736 unit.

Baca juga: LSUV Terlaris Oktober 2023: Terios Geser Rush, Stargazer X Melambat

3. Modifikasi Digital Daihatsu Sigra, Naik Kelas Pakai Wide Bodykit

Modifikasi digital Daihatsu Sigrainstagram.com/j.f_works Modifikasi digital Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra merupakan mobil low multi purpose vehicle (LMPV) yang sangat laris di pasar otomotif Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com