Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagnaia Akui Martin Pebalap Tangguh, Lawan Berat di Musim Ini

Kompas.com - 23/11/2023, 18:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash

JAKARTA, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia mengaku perebutan titel juara dunia MotoGP 2023 tidaklah mudah meskipun sudah berhasil unggul 21 poin dari Jorge Martin, penantang terdekatnya.

Hal tersebut karena ia kerap kali melakukan kesalahan fatal yang pada akhirnya memberi ruang bagi pebalap lain untuk memperkecil bahkan merebut posisi paling atas papan klasemen.

Sementara itu, Martin dalam beberapa kesempatan berhasil tampil mengagumkan seperti di Sprint Race MotoGP Qatar 2023. Membuat selisih antara keduanya kala itu hanya terpaut 7 poin saja.

Baca juga: Penjualan Mobil Mazda di Bandung Ditargetkan Naik di 2024

Francesco Bagnaia, Jorge Martin, dan Alex Marquez saat beraksi pada Sprint Race MotoGP Malaysia 2023 di Sirkuit Sepang, Sabtu (11/11/2023. Francesco Bagnaia kembali menjauhi Jorge Martin di klasemen usai hasil MotoGP Qatar 2023. Penentuan juara dunia musim ini bakal terjadi di Valencia pekan depan. (Photo by MOHD RASFAN / AFP)AFP/MOHD RASFAN Francesco Bagnaia, Jorge Martin, dan Alex Marquez saat beraksi pada Sprint Race MotoGP Malaysia 2023 di Sirkuit Sepang, Sabtu (11/11/2023. Francesco Bagnaia kembali menjauhi Jorge Martin di klasemen usai hasil MotoGP Qatar 2023. Penentuan juara dunia musim ini bakal terjadi di Valencia pekan depan. (Photo by MOHD RASFAN / AFP)

"Ini tentu saja yang terberat (persaingan perebutan juara dunia) selama karirku. Juga, karena aku membuat banyak kesalahan di musim ini," katanya dikutip Crash, Kamis (23/11/2023).

"Aku seharusnya bisa mendapatkan lebih banyak poin. Namun karena kesalahan-kesalahan, kami sekarang masih dalam persaingan," lanjut Bagnaia.

"Bertarung melawan seorang pebalap yang sangat tangguh sekaligus energik saat melaju di lintasan dalam time attack atau sprint race itu tidak mudah. Ditambah lagi dia menunggangi motor yang sama denganku (Ducati)," kata dia lagi.

Dengan persaingan yang masih panas ini, Bagnaia berharap cuaca selama laga MotoGP Valencia 2023 di Sirkuit Ricardo Tormo pada akhir pekan nanti bisa sesuai yang diharapkan.

Baca juga: Pramac Ducati Jadi Tim Satelit Pertama yang Juara Tim MotoGP

Francesco Bagnaia ketika balapan di Pertamina Mandalika International Circuit, Minggu (15/10/2023). Pembalap Ducati tersebut keluar sebagai juara dalam MotoGP Indonesia 2023. Artikel ini berisi klasemen MotoGP seusai Sprint Race GP Thailand 2023.Dok.Ducati Lenovo Francesco Bagnaia ketika balapan di Pertamina Mandalika International Circuit, Minggu (15/10/2023). Pembalap Ducati tersebut keluar sebagai juara dalam MotoGP Indonesia 2023. Artikel ini berisi klasemen MotoGP seusai Sprint Race GP Thailand 2023.

"Hal yang paling membuat saya khawatir saat ini juga adalah masalah cuaca. Pada 26 November 2023 di Valencia, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Tapi kami berharap yang terbaik," katanya.

Meski demikian, ia mengklaim lebih siap menghadapi perebutan gelar juara dunia MotoGP 2023 melawan Martin ketimbang saat musim lalu kala menghadapi Fabio Quartararo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com