Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol Cinere-Serpong Selesai Oktober 2021, Siap Tembus Tol Cijago

Kompas.com - 22/08/2021, 13:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ruas jalan tol Pamulang-Cinere yang menjadi bagian dari tol Serpong-Cinere ditargetkan rampung pada Oktober 2021.

Ayu Widya Kiswari, Direktur Utama PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) Plaza Tol Pamulang, mengatakan, penyelesaian konstruksi sesuai dengan target yang ditetapkan.

“Hingga Agustus 2021, progres pembebasan lahan sudah mencapai 99,63 persen dan untuk progres pembangunan konstruksi sudah mencapai 84,70 persen,” ujar Ayu, dikutip dari keterangan resminya (22/8/2021).

Baca juga: Catat, Dispensasi Perpanjangan SIM Berakhir Senin Besok

Tol Cinere-Serpong ditarget rampung Oktober 2021Dok. Jasa Marga Tol Cinere-Serpong ditarget rampung Oktober 2021

“Berdasarkan progres tersebut kami optimis konstruksi untuk Ruas Pamulang-Cinere ini akan rampung sesuai dengan target,” kata dia.

Dalam pengoperasiannya, Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Pamulang-Cinere akan tersambung dengan Jalan Tol Cinere-Jagorawi Ruas Cinere-Limo, seiring dengan selesainya pekerjaan pembangunan ruas tol tersebut yang dikelola oleh PT Translingkar Kita Jaya.

"Jika sudah beroperasi dan saling terkoneksi maka akan memudahkan masyarakat yang berasal dari arah Serpong, Pamulang dan sekitarnya menuju Cinere, Bogor hingga Ciawi,” ujar Ayu.

Baca juga: Ada Fitur Nabung di Xpander, Uang Bisa Terselip di Balik Cover Dasbor

Tol Cinere-Serpong bakal tersambung ke Tol Cijago.Dok. Jasa Marga Tol Cinere-Serpong bakal tersambung ke Tol Cijago.

“Begitupun sebaliknya, masyarakat dari arah Cinere, Bogor dan Ciawi juga mempunyai akses baru menuju Cengkareng dengan melalui Jalan Tol Serpong-Cinere,” tuturnya.

Menurutnya, tersambungnya tol Cinere-Serpong dengan Tol Cijago yang merupakan bagian dari tol JORR II, dapat memangkas waktu tempuh, memperlancar mobilitas masyarakat dan logistik, serta menciptakan pertumbuhan sentra ekonomi baru.

Untuk diketahui, ruas Pamulang-Cinere akan melengkapi Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang yang sudah lebih dulu diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, pada April 2021 lalu, yang terkoneksi dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong.

Baca juga: Daihatsu Tetap Pede Tanpa Diskon PPnBM 100 Persen

Pengerjaan proyek tol Cinere-Serpong di Jalan Pajajaran (Pacuan Kuda), Pamulang, Tangerang Selatan. Foto diambil pada Jumat (8/3/2019).KOMPAS.com/DIAN MAHARANI Pengerjaan proyek tol Cinere-Serpong di Jalan Pajajaran (Pacuan Kuda), Pamulang, Tangerang Selatan. Foto diambil pada Jumat (8/3/2019).

Jalan tol Serpong-Cinere memiliki panjang keseluruhan 10,14 Km yang dikelola oleh PT CSJ selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk dengan masa konsesi 35 tahun.

Jalan tol ini dibagi menjadi dua seksi pengerjaan, yaitu Seksi 1 Ruas Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 Km dan Seksi 2 Ruas Pamulang Cinere sepanjang 3,64 Km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com