BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Wuling

Berkelas dan Ikonik, Ini Arti Nama Mobil Listrik Wuling BinguoEV

Kompas.com - 18/11/2023, 19:32 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

SERPONG, KOMPAS.com - Wuling Motors (Wuling) memperlihatkan wujud kendaraan listrik anyar, Wuling BinguoEV, pada gelaran Pre-Launch di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (16/11/2023).

Tak kalah ciamik dengan electric vehicle (EV) sebelumnya, Air ev, mobil listrik Wuling BinguoEV tampil berkelas, ikonik, dan inovatif.

Mengusung tagline "Drive Electric, Be The Icon", BinguoEV memungkinkan setiap penggunanya untuk menjadi ikon dalam perubahan menuju mobilitas berkelanjutan (sustainable).

Untuk diketahui, sebelum resmi diperkenalkan dengan nama BinguoEV, mobil listrik terbaru dari Wuling itu sudah lebih dulu meluncur di China. Meski begitu, nama yang digunakan berbeda.

Pihak Wuling mengungkapkan alasan penggunaan nama Binguo pada lini EV anyar kali ini.

Baca juga: Wuling Perlihatkan Tampilan Mobil Listrik Anyar, Begini Tampilan Eksterior dan Interior BinguoEV

Brand and Marketing Director Wuling Motors Dian Ashmani mengatakan, nama Binguo terinspirasi dari Bahasa Mandarin, yaitu "bin". Adapun kata "bin" dalam Bahasa Mandarin memiliki arti banyak. Sementara, kata "guo" artinya adalah hasil.

"Bila kedua kata tersebut digabung, dalam Bahasa Mandarin berarti bermacam-macam hasil atau hasil yang beraneka ragam," ujar Dian saat ditemui Kompas.com dalam gelaran Pre-Launch Wuling BinguoEV di Serpong, Kamis.

Dian melanjutkan, nama BinguoEV sendiri dapat dibaca atau dilafalkan dengan sebutan "Bing-go".

Selain itu, dalam Bahasa Inggris, tutur Dian, nama Binguo terdengar seperti kata "Bingo". Kata ini kerap diucapkan sebagai ekspresi kebahagiaan atau kepuasan atas keberhasilan yang dicapai.

"Dari kedua asal kata tersebut, kami menamakan mobil listrik anyar BinguoEV dengan harapan dapat menjadi sesuatu yang mendatangkan kesenangan bagi pengguna," kata Dian.

Baca juga: Wuling Juga Mau Ekspor Mobil Listrik Binguo EV

Desain ikonik visual timeless

Wuling Motors melengkapi mobil listrik BinguoEV dengan sejumlah keunggulan dari sisi interior. Tak hanya ramah lingkungan, BinguoEV hadir sebagai kendaraan yang nyaman digunakan karena memiliki kabin lapang dengan deretan fitur modern. Dok. Wuling Motors Wuling Motors melengkapi mobil listrik BinguoEV dengan sejumlah keunggulan dari sisi interior. Tak hanya ramah lingkungan, BinguoEV hadir sebagai kendaraan yang nyaman digunakan karena memiliki kabin lapang dengan deretan fitur modern.

Pada kesempatan sama, Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko menceritakan bagaimana BinguoEV dapat tampil apik dengan desain ikonik dan timeless.

Kesan ikonik tersebut langsung terasa dari tampilan eksterior BinguoEV. Pada bagian depan terdapat X-Shaped LED Headlamp dan Diamond Corrugated Grille.

“Untuk menciptakan tampilan yang elegan dengan kesan unik, BinguoEV mengaplikasikan flowing water body curve di bagian samping dan water splash wheel cap. Demikian pula pada bagian belakang, Binguo EV dilengkapi dengan X-Shaped LED Tail Lights dan Streamline Ducktail yang mewujudkan gaya modern dan futuristik,” jelas Danang.

Danang melanjutkan, Wuling Motors juga melengkapi BinguoEV dengan sejumlah keunggulan dari sisi interior.

Tak hanya menjadi mobil listrik yang ramah lingkungan, BinguoEV hadir sebagai kendaraan yang nyaman digunakan karena memiliki kabin lapang.

Baca juga: Wuling Binguo EV Beda Segmen dengan Air ev

Untuk diketahui, BinguoEV memiliki ruang penyimpanan yang luas dan mudah diakses dengan konfigurasi kursi 50:50 di baris kedua. Tak hanya itu, pengemudi ataupun penumpang dapat dengan mudah mengatur barang-barang mereka dengan mengoptimalkan 15 kompartemen yang tersedia di bagian kabin.

“BinguoEV juga didukung headroom dan legroom luas pada baris kedua yang mendukung kenyamanan dan pengaturan kursi pengemudi elektrik enam arah yang menawarkan penyesuaian posisi duduk lebih mudah,” kata Danang.

Deretan teknologi canggih

Kendaraan listrik kedua Wuling satu ini juga dilengkapi dengan beragam teknologi canggih, seperti layar ganda 10.25 inci TFT Dual Screen yang terintegrasi. Kesan futuristik dan menawan juga terasa pada bagian kemudi berkat kehadiran Floating Island Center Console.

Warna interior BinguoEV pun terlihat elegan nan berkelas. Pada BinguoEV dengan warna eksterior Milk Tea dan Mousse Green, misalnya, bagian interior dikemas dengan nuansa warna coklat dan putih.

Sementara, BinguoEV warna eksterior Galaxy Blue tampil dengan nuansa interior warna hitam dan putih.

Baca juga: Mengapa Wuling Pakai Nama Binguo EV, Berbeda dengan di China?

“Untuk menambah kesan mewah pada BinguoEV, Wuling Motors memberi sentuhan soft touch panels serta perforated synthetic leather seat yang memberikan kenyamanan lebih kepada pengemudi dan penumpang,” terang Danang.

Tak hanya apik dari sisi interior dan eksterior, BinguoEV hadir sebagai kendaraan listrik berkualitas berkat penggunaan material yang kokoh dalam desain kerangka.

Untuk diketahui, sekitar 74 persen rangka BinguoEV menggunakan high strength steel (HSS) dan ultra high strength steel (UHSS) pada 25 bagian utama terkait keamanan. Hal ini secara signifikan meningkatkan ketahanan terhadap benturan dan keseluruhan keselamatan kendaraan.

Ditambah dengan fitur keamanan yang lengkap, lanjut Danang, BinguoEV menyediakan perlindungan komprehensif untuk pengemudi dan penumpang. Hal ini membuktikan bahwa Wuling Motors mengedepankan aspek keselamatan sebagai prioritas utama dalam mendesain mobil listrik.

Serangkaian fitur juga disematkan pada BinguoEV guna memanjakan serta memudahkan pengguna selama perjalanan. Fitur-fitur tersebut di antaranya Cruise Control, Rear Parking Camera, Smart Start System, empat opsi mode berkendara (ECO, ECO+, Sport, dan Normal), 4 full-range speakers, dan ISOFIX.

Baca juga: Data Spesifikasi Mobil Listrik Wuling Binguo EV

Pada lini anyar mobil listrik satu ini, Wuling menawarkan BinguoEV dengan dua varian jarak tempuh, yakni 333 km dan 410 km. BinguoEV juga didukung baterai IP67 yang aman menjamin keandalan dan keamanan selama penggunaan sehari-hari.

Garansi seumur hidup

Wuling Motors menghadirkan ragam kemudahan dan kenyamanan dalam kepemilikan BinguoEV secara eksklusif bagi setiap konsumen untuk memiliki mobil listrik terbaru dari Wuling dengan memberikan Lifetime Core EV Components Warranty untuk 1.000 pemesan pertama BinguoEV. Dok. Wuling Motors Wuling Motors menghadirkan ragam kemudahan dan kenyamanan dalam kepemilikan BinguoEV secara eksklusif bagi setiap konsumen untuk memiliki mobil listrik terbaru dari Wuling dengan memberikan Lifetime Core EV Components Warranty untuk 1.000 pemesan pertama BinguoEV.

Untuk diketahui, pada fase Pre-Launch, Wuling membuka pemesanan BinguoEV dalam periode pre-book. Selama periode tersebut, Wuling menyediakan berbagai keuntungan yang bisa didapatkan konsumen yang melakukan pemesanan bertajuk Electric Icon Priority Pack.

Dalam rangka memberikan kemudahan dan ketenangan dalam kepemilikan BinguoEV, salah satu benefit yang diberikan kepada konsumen untuk varian jarak tempuh 410 km adalah Lifetime Core EV Component Warranty. Benefit ini meliputi power battery, drive motor, dan motor control unit.

Lifetime Core EV Components Warranty merupakan bagian dari Electric Icon Priority Pack yang khusus diberikan kepada konsumen sebagai benefit selama periode pre-book BinguoEV. Garansi tersebut mencakup komponen-komponen inti kendaraan listrik, salah satunya power battery yang merupakan salah satu bagian paling penting dalam kendaraan listrik.

Selain itu, komponen penting lainnya yang termasuk dalam program lifetime warranty tersebut adalah drive motor, termasuk integrated motor assembly dan motor control unit. Komponen-komponen tersebut saling berkaitan dalam menghasilkan tenaga dan menggerakan roda kendaraan listrik.

Baca juga: Wuling Binguo EV Resmi Diperkenalkan di Indonesia

Tidak hanya Lifetime Core EV Components Warranty, Wuling juga memberikan beberapa benefit lainnya selama periode pre-book yang termasuk dalam Electric Icon Pack untuk BinguoEV varian 410 km.

Benefit tersebut di antaranya adalah gratis AC Charging Device berdaya 7,7 kW, gratis biaya perawatan berkala hingga 5 tahun atau 50.000 km (mana yang tercapai dahulu), voucer listrik periode dua tahun senilai Rp 4 juta, serta aksesori, berupa storage box, kaca film, dan karpet untuk konsumen yang melakukan pemesanan. Total benefit yang didapat konsumen pre-book mencapai Rp 47 juta.

Berbagai kemudahan dan kenyamanan dalam kepemilikan BinguoEV kami hadirkan secara eksklusif bagi setiap konsumen yang tertarik untuk memiliki mobil listrik terbaru dari Wuling ini selama periode pre-book berlangsung. Penawaran tersebut terbatas untuk 1.000 pemesan pertama BinguoEV 410 km dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Wuling BinguoEV, klik tautan berikut.

 


Rekomendasi untuk anda
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com