Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Targetkan Jual 20.000 Unit XForce per Tahun

Kompas.com - 17/11/2023, 16:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

CIKARANG, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berambisi mampu menjual 20.000 unit XForce setiap tahunnya di pasar dalam negeri mulai 2024 mendatang.

Target tersebut seiring tingginya permintaan masyarakat yang melakukan pemesanan pertama sesaat SUV kompak ini diluncurkan untuk kali pertama, yaitu 4.000 SPK pada Agustus-Oktober 2023.

Padahal, dikatakan Presiden Direktur MMKSI Atsushi Kurita, kala itu konsumen belum bisa melakukan pengujian unit langsung alias test drive karena mobil belum diproduksi massal.

Baca juga: Mitsubishi XForce Siap Dikirim ke Luar Negeri Februari 2024

Mobil sport utility vehicle (SUV) anyar Mitsubishi XFORCE besutan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia.Dok. MMKSI Mobil sport utility vehicle (SUV) anyar Mitsubishi XFORCE besutan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia.

“Oleh karena itu kami membutuhkan bantuan MMKI untuk bisa meningkatkan produksi,” kata Kurita di Kota Deltamas, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (16/11/2023).

Kurita menjelaskan bahwa XForce dan Xpander memiliki lini produksi yang sama sehingga terbilang mudah untuk menyesuaikan permintaan pasar.

Selain itu Kurita berpendapat bahwa pihaknya merasa yakin PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) sebagai manufaktur sanggup untuk memenuhi seluruh permintaani, bahkan bila target naik hingga sebesar 30.000 unit per tahun.

"Suatu hal yang menarik sebenarnya, sebanyak 40 persen konsumen dari XForce yang sudah kita terima ialah wanita. Penampilan yang elegan membuat konsumen wanita ini tertarik untuk memilikinya," kata dia.

Baca juga: Mulai Musim Hujan, Ketahui Perawatan Dasar Motor Listrik

Mitsubishi XForce meluncur di Semarang, Jawa TengahKOMPAS.com/Azwar F Mitsubishi XForce meluncur di Semarang, Jawa Tengah

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT MMKI Minoru Saito mengatakan bahwa kapasitas produksi baik untuk pasar domestik maupun ekspor akan sangat fleksibel mengikuti permintaan konsumen.

Sebab saat ini kapasitas produksi mobil Mitsubishi yang mencakup XForce, Xpander, Xpander Cross, Pajero Sport, dan L300 sudah dinaikkan dari 160.000 unit jadi 220.000 unit per tahun.

"Jadi, berapapun permintaannya, bisa dilakukan di kapasitas produksi ini. Sekarang bisa produksi 5.000 unit untuk XForce," ucapnya.

"Target kami 20.000 unit setahun mulai tahun depan. Ini total line produksi dari XForce dan Xpander, karena mereka itu satu tempat," tutup Minoru.

Baca juga: Mitsubishi Pastikan XForce Hybrid Dijual di Indonesia

Xforce sendiri merupakan kendaraan penumpang dengan model SUV kompak lima penumpang yang dikembangkan dengan sebuah fokus bahwa model ini digunakan di wilayah ASEAN.

Mobil memiliki karakter stylish dan robust, desain SUV autentik, yang berdasarkan pada konsep “Best-suited buddy for an exciting life”.

Menyuguhkan bodi yang berukuran ringkas, mobil menawarkan handling yang sangat baik, kenyamanan serta utilitas fitur seperti interiornya yang luas dan berbagai ruang penyimpanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com