Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Diproduksi Lokal, Harga MG4 EV Bisa Lebih Murah?

Kompas.com - 17/11/2023, 09:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MG4 EV pertama kali diperkenalkan di ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Mobil listrik pertama dari MG ini berstatus impor alias Completely Build Up (CBU), dibanderol dengan harga mulai Rp 649,9 juta sampai Rp 699,9 juta.

MG Motor Indonesia baru-baru ini mengumumkan akan memproduksi mobil secara lokal, dimulai dengan MG ZS EV pada Februari 2024, kemudian dilanjutkan dengan model MG4 EV di Maret 2024.

Baca juga: Tiptip, Platform Digital buat Bikin Acara Komunitas Otomotif

Pabrik MG itu kabarnya akan berbagi fasilitas dengan Wuling Motors di Greenland International Industrial Center di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, karena sama-sama satu merek di bawah payung holding SGMW (SAIC-General Motors-Wuling) di China.

“Line up pertama yang akan kami produksi melalui proses CKD adalah New MG ZS EV. Dimulai pada bulan Februari, ini akan diikuti oleh peluncuran kendaraan listrik kami berikutnya MG4 EV,” ucap Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia, saat ditemui di Jakarta Selatan, Rabu (16/11/2023).

Test drive mobil listrik MG4 EVKompas.com/Donny Test drive mobil listrik MG4 EV

Lantas, jika MG4 EV sudah diproduksi dalam negeri, apakah otomatis membuat harganya menjadi lebih murah?

“Dengan adanya produksi di Indonesia hal itu pasti akan membuat sesuatu yang memang lebih menarik lagi untuk konsumen Tanah Air. Namun, untuk saat ini saya belum bisa memberikan informasi (harga) tersebut,” kata Arief.

Tak hanya itu, pihak MG juga berkomitmen untuk menyematkan kandungan lokal 40 persen pada lini produk mereka, kemudian naik menjadi 60 persen di tahap berikutnya.

Baca juga: Elders Garage Klaim Penyaluran Motor Listrik Konversi Sudah 500 Unit

“Target kita 40 persen harus terpenuhi, dan di 2027 sesuai dengan apa yang memang diinginkan oleh pemerintah 60 persen. Bertahap kita akan ke arah sana,” kata Arief.

Meski saat ini masih berstatus CBU, MG menawarkan subsidi PPN hingga 10 persen untuk pembelian MG4 EV atau yang disebut dengan istilah special cashback. Adapun untuk nilainya sendiri mencapai Rp 70 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com