Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Hujan, Siapkan Sarung Penutup untuk Motor Listrik

Kompas.com - 17/11/2023, 09:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Menyiapkan sarung penutup merupakan satu langkah bijak, yang bisa dilakukan oleh pemilik motor listrik saat musim hujan tiba.

Perawatan semacam ini terbilang sangat mudah, namun manfaatnya bisa sangat terasa. Selain bisa melindungi body motor listrik dari jamur, komponen penting juga akan terhindar dari kerusakan akibat air hujan.

Satu kerusakan yang sangat bisa terjadi jika motor listrik dibiarkan kehujanan adalah korosi dan karat, muncul pada bagian dinamo dan magnet BLDC.

Adyta Muhammad Sina, Pemilik bengkel spesialis motor listrik EVCentrum menjelaskan, adalah satu kerusakan merepotkan yang bisa memengaruhi performa.

Baca juga: Tips Tingkatkan Kualitas Audio Mobil Tanpa Modifikasi, Cukup Pakai USB

Magnet motor listrik di penggerak hub-drive penuh karat, efek sering menembus banjirKOMPAS.com/daafa Magnet motor listrik di penggerak hub-drive penuh karat, efek sering menembus banjir

“Bahayanya hujan itu bukan di kelistrikan, ini aman. Yang bahaya itu kalau kena dinamo, soalnya bisa karatan,” ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (16/11/2023).

Dia mengatakan, karat pada dinamo memang bukan kerusakan fatal dan bisa ditangani. Namun prosesnya cukup merepotkan dan memakan waktu.

“Karatnya harus dikerok dulu sampai bersih pakai ampelas. Kalau masih karatam, magnet dinamo enggak mau nyantol, makanya tarikan (motor listrik) ngadat,” kata dia.

Baca juga: Paket Konversi Motor Listrik Rp 7 Jutaan, Cicilan mulai Rp 300.000

Magnet motor listrik di penggerak hub-drive penuh karat, efek terkena airKompas.com/Daafa Alhaqqy Magnet motor listrik di penggerak hub-drive penuh karat, efek terkena air

Sarung motor diklaim sangat bisa mencegah situasi merepotkan semacam ini. Walaupun harganya murah, tetap bisa melindungi motor listrik dari bahaya karat.

“Bagasi motor listrik kan besar-besar, baiknya selalu sediakan saja, toh enggak ada ruginya juga kalau beli sarung motor,” kata dia.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com