Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benelli Meluncurkan Tornado 500, Motor Sport Agresif

Kompas.com - 13/11/2023, 11:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Benelli resmi memperkenalkan Tornado 500 sebagai lini motor sport di 2024. Model sport baru ini tampil agresif dengan bodi yang ringkas, cocok buat pemakaian sehari-hari.

Berdasarkan informasi yang redaksi dapatkan dari siaran resmi, hadirnya Tornado 500 untuk memenuhi permintaan motor di pasar sport, terutama di usia pengendara yang muda.

Benelli klaim, Tornado 500 adalah motor yang dikembangkan buat keseruan berkendara. Motornya lincah, mudah untuk dibawa manuver, jadi lebih fun to ride.

Baca juga: Benelli Perkenalkan BKX 300, Motor Petualang yang Futuristis

Benelli Tornado 500benelli Benelli Tornado 500

Lagi-lagi, motor ini dikembangkan oleh tim RnD di Benelli Style Centre, Pesaro, Italia. Jadi desainnya memang bergaya Eropa, bentuk fairing-nya modern, dikombinasikan dengan lampu DRL yang sangat besar di depan.

Bentuk DRL dibiang seperti taring singa tadi memberikan kesan sporty, ditambah bagian tengahnya ada lampu utama yang disusun menumpuk. Pada bagian samping, dibuat tarikan desain yang menyatu dari fairing sampai ke tangki.

Soal dapur pacu, Tornado 500 dilengkapi mesin 500cc dua silinder segaris dengan pendingin cairan. Tenaga yang dihasilkan sebesar 47,6 TK di 8.500 RPM dan torsi 46 Nm di 6.000 RPM.

Baca juga: Belajar dari Video Kesalahan Perempuan Naik Motor Matik

Benelli Tornado 500benelli Benelli Tornado 500

Benelli klaim mesin dua silindernya ini sangat halus tapi responsif, jadi masih enak dibawa harian. Tenaga dan torsi tadi disalurkan ke roda belakang pakai rantai dan dikawinkan dengan transmisi enam percepatan.

Soal rangka, Tornado 500 pakai model trellis baja, membuat motornya lincah, cepat, dan ringan saat manuver. Bagian suspensi menggunakan Marzocchi, upside-down di depan berukuran 41mm, bisa disetel preload, kompresi, sampai rebound.

Sedangkan kaki-kaki belakang, suspensi monoshock yang bisa disetel preload dan rebound. Jadi motornya sangat bisa diatur karakternya, disesuaikan dengan kebutuhan pengendara.

Baca juga: Menang di MotoGP Malaysia, Bastianini Kirim Pesan ke Ducati

Pada bagian pelek, menggunakan ukuran 17 inci, di depan pakai ban ukuran 120/70 dan di belakang 160/60. Pengereman mengandalkan kaliper Brembo, ukuran cakram depan 320mm semi floating, dan belakang 260mm.

Bagian instrumen menggunakan layar TFT 5 inci dengan resolusi tinggi. Tersedia konektivitas Bluetooth dan bisa menampilkan navigasi, serta ada keterangan pengawas tekanan udara di ban.

Motor ini akan hadir di awal 2024 di beberapa negara. Buat warna dan harganya, masih difinalisasi, artinya bisa saja ada tambahan warnanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com