Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuling Bingo Sudah Bisa Dipesan, Booking Fee Rp 5 Juta

Kompas.com - 09/11/2023, 08:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Motors akan segera menambah jajaran mobil listriknya dengan model baru, yakni Bingo EV.

Kepastian ini diungkapkan oleh sejumlah diler di Jakarta yang diketahui sudah membuka keran pemesanan mobil listrik terbaru dari produsen asal negeri Tiongkok tersebut.

“Untuk Wuling Bingo sudah bisa booking Rp 5 juta. Diperkenalkan dalam waktu dekat ini, tetapi launchingnya awal tahun. Jadi kalau booking sekarang bisa dapat (unit) kloter pertama di Januari nanti,” ucap tenaga penjual Wuling di Jakarta Barat, kepada Kompas.com, Rabu (8/11/2023).

Baca juga: Pemerintah Yakin Kendaraan Listrik Bakal Laris Tahun Depan

Hal senada juga diungkapkan oleh salah satu tenaga penjual Wuling di Jakarta Utara. Tenaga penjual tersebut menyebutkan Wuling Bingo akan diperkenalkan pada pertengahan November 2023, dan akan diluncurkan secara resmi di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

“Wuling Bingo jadinya CKD, bukan CBU. Rencana peluncuran di IIMS, suplai mungkin bisa mulai Maret. Kalau tidak ada halangan, pertengahan bulan November ini akan dipamerkan,” ucap tenaga penjual itu.

Wuling BingoCarnewschina Wuling Bingo

Kabarnya Wuling Bingo akan dijual dengan rentang harga Rp 300 juta sampai Rp 400 jutaan, dengan dua pilihan jarak tempuh yakni 300 Km dan 400 Km. Namun, hal tersebut belum bisa dipastikan hingga peluncuran resmi.

Sinyal kehadiran Wuling Bingo sudah diketahui sejak terdaftar di Samsat DKI Jakarta. Pada situs Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengenai informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB), terlihat Wuling sudah mendaftarkan kendaraan dengan kode E206REV dengan banyak tipe.

Untuk diketahui, Bingo EV tersedia dengan tiga tipe berdasarkan jarak tempuh, yakni 203 Km, 333 Km, dan 410 Km. Tipe-tipe ini sesuai dengan kode-kode pada daftar NJKB tersebut.

Untuk tipe 203 Km, Bingo EV dibekali baterai 17,3 kWh. Mobil ini memiliki kecepatan maksimum 100 kilometer per jam. Tenaga yang dihasilkan mencapai 40 Tk dan torsi 110 Nm. Tipe ini dibekali motor listrik 30 kW.

Lalu, tipe 333 Km, memiliki baterai berkapasitas 31,9 kWh. Kecepatan maksimumnya tembus 120 kilometer per jam. Sedangkan tenaganya 67 tk dan torsi 150 Nm. Tipe ini mengandalkan motor listrik 50 kW.

Wuling Bingocarnewschina Wuling Bingo

Kemudian, tipe 410 Km, dibekali baterai berkapasitas 37,9 kWh. Kecepatan maksimumnya diklaim tembus 130 kilometer per jam. Tenaganya 67 tk dan torsinya 125 Nm. Mobil ini menggunakan motor listrik 50 kW.

Untuk Bingo EV dengan jarak tempuh 333 Km dan 410 Km, sudah mendukung sistem pengecasan cepat atau fast charging. Dengan casan tipe DC, untuk mengisi dari 30 persen hingga 80 persen, diklaim hanya butuh 35 menit.

Bingo EV juga dibekali berbagai fitur canggih, seperti electric parking brake, automatic parking, dan lainnya. Tapi, belum disematkan teknologi Advanced Driver Assistance Systems (ADAS).

Baca juga: Mazda Nurut dengan Pemerintah, Siapkan Mobil Listrik

Beberapa waktu lalu, Wuling juga diketahui sudah mendaftarkan merek dan logo Bingo EV ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI.

Pada pasar domestik China, Bingo EV dijual mulai 59.800 yuan hingga 84.800 yuan, atau sekitar Rp 125 juta hingga Rp 178 juta. Sementara di Tanah Air, Wuling Motors belum bisa memberikan informasi harga jual Bingo untuk Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com