Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Luncurkan Tenere Explore, Lebih Ramah buat Pengendara

Kompas.com - 08/11/2023, 18:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha kembali menambah varian dari motor petualang terbarunya yakni Tenere 700 Explore. Bedanya dengan Tenere lain, versi Explore ini lebih nyaman digunakan orang dengan postur pendek.

Dikutip dari Motorcyclenews, Tenere 700 Explore merupakan varian keenam dari motor petualang 689cc tersebut.

Bedanya dengan yang Extreme, varian Explore lebih fokus untuk perjalanan jauh dengan tambahan kepraktisan dan kenyamanan.

Ubahannya adalah tinggi bangku yang dibuat lebih rendah, jadi kaki pengendara mudah menyentuh tanah. Sehingga untuk pengendalian di kecepatan yang rendah, jadi jauh lebih gampang.

Baca juga: Yamaha X-Ride 125 Dapat Warna Baru, Harga Nyaris Rp 20 Juta

Yamaha Tenere 700 Explore motorcyclenews.com Yamaha Tenere 700 Explore

Lebih rinci, suspensi depan dari KYB yang diameternya 43mm dan peredam kejut di belakang mendapatkan pengurangan 20mm travel. Jadi, tinggi jok cuma 860mm, turun 15mm dari yang standar.

Selain itu, rate per di suspensi depan dan belakang juga ditingkatkan. Hal ini membuat pengendara lebih percaya diri dalam melakukan manuver baik sedang berboncengan atau membawa barang.

Ubahan lain yang terpasang di varian Explore ini adalah visor yang ukurannya lebih besar dan tinggi. Jadi Yamaha mengklaim kalau areanya 50 persen lebih besar, meningkatkan kenyamanan terutama di cuaca yang buruk.

Baca juga: Modifikasi Nyeleneh Toyota Innova Zenix


Belum selesai sampai di situ, Tenere 700 Explore ini mendapatkan rak buat tas di samping. Tapi ini cuma bracket saja, belum dengan tasnya yang merupakan opsi atau tambahan.

Fitur lainnya kurang lebih sama dengan Tenere 700 standar. Artinya pakai mesin 689cc dua silinder segaris yang menghasilkan 73,4 TK dan torsi 68 Nm, transmisi manual enam percepatan dan quickshifter.

Untuk harga, Tenere 700 Explore ini ada di kisaran 10.000 Poundsterling atau sekitar Rp 192 jutaan sampai Rp 249 juta, tergantung mana varian dan opsi yang dipilih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com