Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal III-2023, Kredit Motor FIF Capai 1,2 Juta Unit

Kompas.com - 03/11/2023, 13:02 WIB
Dio Dananjaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Federal International Finance (FIF) yang merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk, dan bagian dari Astra Financial, membukukan pertumbuhan kinerja positif pada periode Januari – September 2023.

Laba bersih perseroan hingga kuartal III-2023 meningkat 30,9 persen menjadi Rp 3,0 triliun, dibanding periode yang sama 2022 sebesar Rp 2,3 triliun.

FIF Group juga mencatatkan peningkatan nilai pembiayaan pada kuartal III-2023 sebesar Rp 31,8 triliun.

Jumlah tersebut naik sebesar 28,1 persen dibanding periode yang sama pada 2022 senilai Rp 24,8 triliun.

Baca juga: Cerita Sopir Indonesia Bawa Truk Besar di Amerika, Tidak Ada Truk ODOL

FIFGROUP tawarkan beragam promo kredit motor di IMOS 2023KOMPAS.com/DIO DANANJAYA FIFGROUP tawarkan beragam promo kredit motor di IMOS 2023

Presiden Direktur PT FIF Margono Tanuwijaya mengatakan, pertumbuhan kinerja yang telah dicapai hingga kuartal III-2023 didukung berbagai strategi yang diimplementasikan dalam menghadapi dinamika bisnis pada perusahaan pembiayaan.

“FIF Group terus mengoptimalkan pengembangan teknologi dan keterhubungan bisnis di dalam maupun di luar Astra guna memperkuat ekosistem bisnis FIF Group secara internal yang didukung dengan kontrol di jaringan kami,” ujar Margono dalam keterangan resmi (3/11/2023).

“Hal ini diharapkan dapat mempertahankan customer lifetime value yang dimiliki oleh FIF Group dan kolaborasi baik di ekosistem Astra,” kata dia.

Baca juga: Cerita Tukang Ojek Online Kena Tilang Uji Emisi, Motor Terawat tapi Tak Lulus

Sementara itu, hingga kuartal III-2023, FIF Astra turut memberikan kontribusi terhadap penyaluran nilai pembiayaan sebesar Rp 20,3 triliun naik 36,1 persen dibanding periode sama pada tahun lalu senilai Rp 14,9 triliun.

Dari booking unit, FIF Astra mencatatkan penyaluran pembiayaan kepada 1,2 juta unit pada kuartal III-2023 dengan kenaikan 38,5 persen dibanding periode tahun sebelumnya dengan jumlah unit yang dibiayai sebanyak 871.000 unit.

Margono menjelaskan, pengembangan bisnis juga terus dilakukan untuk meningkatkan portfolio. Salah satu terobosan yang dilakukan FIF Group pada tahun 2023 adalah dengan melakukan pembiayaan sepeda motor listrik Honda.

Sepeda motor listrik Honda telah diluncurkan pada perhelatan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com