Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skema Kredit Motor Listrik FIF Menanti Isyarat AHM

Kompas.com - 15/12/2022, 09:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai perusahaan leasing yang membiayai motor-motor Honda, PT Federal International Finance (FIFGroup) belum mengeluarkan skema pembiyaan buat motor listrik.

Meski begitu, hal tersebut diklaim sudah menjadi agenda perusahaan pada tahun depan. Tepatnya, setelah PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan produknya.

Margono Tanuwijaya, Chief Executive Officer FIFGroup, mengatakan, pihaknya masih mempelajari skema pembiayaan untuk motor listrik.

Baca juga: Beratnya Jadi Sopir Sasis Bus, Nyetir Bus Pakai Helm dan Jas Hujan

FIF Group ikut menyukseskan program pemerintah terkait relaksasi kredit kepada nasabah yang terkena dampak Covid-19.Istimewa FIF Group ikut menyukseskan program pemerintah terkait relaksasi kredit kepada nasabah yang terkena dampak Covid-19.

"Kalau FIF follow AHM, karena kita membiayai Honda kan. Tergantung launching unitnya AHM," ujar Margono, kepada Kompas.com (14/12/2022).

Seperti diketahui, AHM telah mengumumkan rencana terkait produksi dan penjualan sepeda motor listrik di Indonesia.

Rencana ini menjadi bagian dari Honda e:Technology berupa moped listrik dan sepeda motor listrik Honda hingga tahun 2030.

Baca juga: Pantau E-TLE, Kapolda Metro Jaya Minta Pelat RF Ditindak

Sebelumnya, AHM menargetkan penjualan 1 juta sepeda motor listrik pada tahun 2030. Target ini diharapkan terus berkembang seiring dengan tren pasar, dan penerimaan masyarakat terhadap kehadiran sepeda motor listrik Honda di Tanah Air.

“Kami ingin tetap memberikan kesenangan berkendara bagi konsumen Honda, melalui motor listrik,” kata Presiden Direktur AHM Keiichi Yasuda pada ajang IMOS (2/11/2022).

Sebagai informasi, setelah meluncurkan PCX Electric pada tahun 2019, AHM akan melanjutkan pengenalan sepeda motor listrik pada tahun 2023 sebanyak 2 model.

Baca juga: Banyak Fungsi Penting, Tren Pasang Dashcam Meningkat

Test ride Honda U-GOKOMPAS.com/ADITYO WISNU Test ride Honda U-GO

Upaya ini akan dilanjutkan pada tahun 2024 sebanyak 2 model, dan terus berlanjut hingga tahun 2030 dengan meluncurkan kembali 3 model sepeda motor listrik lainnya.

“Sejalan dengan komitmen ini, kami pun juga akan melengkapinya dengan menanamkan investasi baru untuk menyiapkan line produksi di Indonesia,” ujar Yasuda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com