Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kualitas Bengkel Spesialis Bisa Saingi Bengkel Resmi

Kompas.com - 03/11/2023, 12:02 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setidaknya ada tiga jenis bengkel mobil yang dikenal, pertama bengkel resmi diler, kedua bengkel spesialis, dan ketiga bengkel umum yang biasanya tidak terpatok oleh satu merek mobil.

Ferry Bontot, pemilik bengkel spesialis Ford Auto Solution (FAS) di Cirendeu, Tangerang Selatan, mengatakan, pada dasarnya kemampuan bengkel spesialis tidak jauh berbeda dengan bengkel resmi diler.

Baca juga: Alex Marquez Tidak Sabar Lihat Kakaknya Pakai Motor Ducati

Bengkel spesialis Ford Auto Solution (FAS) di Cirendeu, Tangerang Selatan, KOMPAS.com/Gilang Bengkel spesialis Ford Auto Solution (FAS) di Cirendeu, Tangerang Selatan,

"Bengkel spesialis itu bisanya ada orang resminya, seperti saya ini bekas orang Ford, teman-teman kita juga ada mekanik orang diler, secara SOP dan pengetahuan sama," ujar Ferry kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ferry mengatakan, perbedaan antara bengkel spesialis dan bengkel resmi ialah soal product knowledge. Di bengkel resmi pengertahuan mekanik akan terus di perbaharui jika ada model baru meluncur.

Baca juga: Honda Mau Dirikan Titik Swap Baterai Motor Listrik di Jakarta

Kemudian saat orang membeli mobil baru dari diler biasanya akan servis dibengkel resmi. Sebab mobil masih ada garansi serta promo-promo seperti gratis biasa jasa servis atau suku cadang sampai 100.000 Km.

Ford Auto Solution (FAS) di Cirendeu, Tangerang SelatanKOMPAS.com/Gilang Ford Auto Solution (FAS) di Cirendeu, Tangerang Selatan

"Menangnya diler itu dia ada selalu training unit baru product knowledge, makanya biasanya unit terbaru biasanya masih jarang ke bengkel (spesialis) dia masih di diler tapi setelah itu masuk juga, dan setidaknya sama saja," katanya.

Baca juga: Masyarakat Minta Sanksi Tilang Uji Emisi Diubah, Bukan Denda tapi Servis

Ferry mengatakan, konsumennya mengatakan, keunggulan servis di bengkel resmi juga soal nilai jual. Sebab biasanya mobil yang tercatat sering servis di bengkel resmi bakal lebih dipercaya.

"Ada juga kebanggaan kalau servis di diler resmi sebab ada tercatat di diler resmi buat kalau dijual lagi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com