Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov DKI Jakarta Targetkan 200 Bus Listrik Beroperasi di 2024

Kompas.com - 02/11/2023, 19:51 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menargetkan akan menambah 200 bus listrik yang beroperasi di Ibu Kota pada 2024 mendatang. Rencana ini, diklaim sudah masuk ke dalam anggaran.

"(Pengadaan bus listrik) sudah masuk dalam anggaran untuk 2024. Kami targetkan ada penambahan 200 unit," kata dia, Rabu (1/11/2023).

Rencana tersebut akan membuat armada bus listrik di DKI Jakarta bertambah. Mengingat saat ini TransJakarta sudah mengoperasikan 54 unit kendaraan elektrifikasi yang ramah lingkungan.

Baca juga: Kalah dengan MotoGP, Sulit Bikin WorldSBK Populer di Indonesia

Bus transjakarta melayani rute Cawang - Stasiun Halim Kereta Cepat Jakarta-Bandung.Dokumentasi Humas PT Transjakarta Bus transjakarta melayani rute Cawang - Stasiun Halim Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, Welfizon Yuza, sempat menyebut jika sedikitnya akan terdapat 100 unit bus listrik yang beroperasi di Ibu Kota sampai akhir 2023 ini.

Pengadaan armada bus listrik sesuai dengan Keputusan Gubernur Nomor 1053 Tahun 2022 tentang Pedoman Percepatan Program Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai dalam Layanan Angkutan Transjakarta.

Baca juga: DAMRI Luncurkan Layanan Bus Perintis di Ambon

“Saat ini, kami telah mengoperasikan sebanyak 54 unit dan ditargetkan bertambah hingga 100 bus listrik beroperasi di Jakarta di akhir tahun 2023,” ujar Welfizon dalam keterangannya belum lama ini.

Dengan begitu maka pengurangan emisi gas buang dari transportasi bisa ditekan, yang pada akhirnya menekan tingkat polusi udara. Adapun saat ini, bus Transjakarta mayoritas masih menggunakan bahan bakar jenis solar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com