Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Mobil Kemalingan, Hyundai Bluelink Bisa Matikan Mesin dari Jauh

Kompas.com - 01/11/2023, 09:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, terjadi pencurian mobil rental. Namun, pelaku berhasil tertangkap karena mobil sewaan tersebut sudah dipasang GPS tracker yang memiliki fitur mematikan mesin dari jauh. Hyundai pun punya teknologi serupa.

Pabrikan asal Korea Selatan ini memiliki teknologi Hyundai Bluelink. Dengan teknologi tersebut, mobil bisa terkoneksi dengan smartphone melalui aplikasi Bluelink.

Hyundai Bluelink memiliki banyak fitur atau fungsi. Salah satunya adalah untuk melacak posisi kendaraan dan mematikan mesin dari jauh.

Baca juga: Marak Pencurian Mobil, Pasang GPS Tracker Bisa Jadi Solusi

Suprayetno, Head Of Service Planning & Strategy, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), mengatakan, Hyundai Bluelink memiliki fitur Remote Engine Start/Stop.

Teknologi Bluelink.Dok. Hyundai Teknologi Bluelink.
"Dengan fitur ini, pengguna dapat menghidupkan atau mematikan mesin mobil dari jarak jauh melalui aplikasi Bluelink yang sudah di-download dan telah dilakukan pairing kendaraan ke akun Bluelink pengguna," ujar Suprayetno, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Suprayetno menambahkan, pengguna dapat mengatur mesin untuk hidup atau mati dengan kendali jarak jauh melalui smartphone pengguna. Dia mengatakan, ada beberapa kondisi agar fitur tersebut dapat berfungsi.

"Untuk kendaraan transmisi otomatis, pastikan posisi tuas transmisi berada dalam posisi P (Parkir). Untuk transmisi manual, pastikan posisi tuas transmisi berada dalam posisi N (Netral)," kata Suprayetno.

Baca juga: Hyundai Masih Studi Penyematan Bluelink di Model Lain

"Semua pintu termasuk kap mesin dan bagasi harus dalam keadaan tertutup dan terkunci. Tingkat baterai kendaraan (accu) harus berada pada tingkat optimal untuk menghidupkan mesin. Selain itu, pastikan juga kondisi jaringan internet di sekitar kendaraan dan smartphone pengguna dalam kondisi sinyal yang baik," ujarnya.

Teknologi Bluelink pada Hyundai CretaKompas.com/Donny Teknologi Bluelink pada Hyundai Creta

Suprayetno menegaskan, mobil yang sedang melaju tidak dapat dimatikan mesinnya secara otomatis menggunakan fitur tersebut untuk alasan keamanan pengendara, penumpang, maupun kendaraan di sekitarnya.

Terkait pencurian mobil, pada Bluelink juga terdapat fitur Stolen Vehicle Notification. Teknologi Bluelink memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya pencurian melalui fitur tersebut. Fitur ini berguna untuk memberikan informasi real-time terkait dengan adanya upaya masuk kendaraan secara paksa.

"Kalau kondisi tersebut terjadi, kendaraan akan secara real-time mengirimkan notifikasi ke aplikasi Bluelink di smartphone pengguna," ujar Suprayetno.

Teknologi Bluelink tingkatkan pengalaman pengemudi saat mengendarai connected car Hyundai.Dok. Hyundai Teknologi Bluelink tingkatkan pengalaman pengemudi saat mengendarai connected car Hyundai.

"Bila pencurian telah terjadi, teknologi Bluelink juga telah dilengkapi dengan kemampuan untuk melacak lokasi kendaraan secara real-time melalui fitur Stolen Vehicle Tracking. Melalui fitur ini, Bluelink Call Center akan membantu untuk menemukan mobil pemilik dengan melacak lokasi kendaraan serta menginformasikan rute mengemudi kendaraan yang dicuri," kata Suprayetno.

Bila kendaraan telah ditemukan, pengguna dapat meminta Bluelink Call Center untuk mematikan mesin kendaraan yang dicuri dari jarak jauh melalui fitur Stolen Vehicle Immobilization.

Melalui fitur ini, Bluelink Call Center akan mematikan mesin kendaraan sepenuhnya saat kendaraan sudah dalam keadaan mati.

"Hal ini akan mencegah kendaraan untuk bisa dihidupkan kembali hingga pemiliknya tiba di lokasi. Saat fitur ini diaktifkan, lampu hazard kendaraan akan menyala secara terus menerus serta fungsi head unit kendaraan dibatasi," ujarnya.

Bluelink adalah platform berteknologi AI yang menghubungkan mobil dengan pemilik lewat perangkat pintar yang bekerja dalam jaringan seluler.  Hyundai Bluelink adalah platform berteknologi AI yang menghubungkan mobil dengan pemilik lewat perangkat pintar yang bekerja dalam jaringan seluler.

Suprayetno menambahkan, pada head unit kendaraan yang dicuri juga akan menampilkan pesan “Mesin Mati Atas Permintaan Polisi”

"Fitur Stolen Vehicle Tracking dan Stolen Vehicle Immobilization akan diberikan setelah prosedur identifikasi pemilik kendaraan telah dilakukan," kata Suprayetno.

Hyundai Bluelink saat ini bisa ditemukan pada Creta, Stargazer, Stargazer X, Palisade, dan Ioniq 5.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com