Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Masih Studi Penyematan Bluelink di Model Lain

Kompas.com - 16/09/2023, 11:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, Hyundai Bluelink sudah resmi disematkan ke Ioniq 5. Tapi, masih ada beberapa model lain yang belum merasakan kecanggihan teknologi tersebut.

Selain Ioniq 5, Hyundai Bluelink sudah lebih dulu disematkan pada Creta, Stargazer, Palisade, dan Stargazer X. Masih ada beberapa model yang belum memilikinya, seperti Santa Fe, Staria, dan Ioniq 6.

Baca juga: Fitur Hyundai Bluelink di Ioniq 5 Lebih Lengkap, Cek Apa Kelebihannya

Head of Marketing PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Astrid Ariani Wijana, mengatakan, Hyundai akan mengumpulkan masukan dan feedback dari konsumen terkait penyematan Hyundai Bluelink pada model lainnya.

Bluelink adalah platform berteknologi AI yang menghubungkan mobil dengan pemilik lewat perangkat pintar yang bekerja dalam jaringan seluler.  Hyundai Bluelink adalah platform berteknologi AI yang menghubungkan mobil dengan pemilik lewat perangkat pintar yang bekerja dalam jaringan seluler.

"Kalau untuk unit lainnya, tentunya semua dalam studi. Kita akan tampung semua usulan dan masukan," ujar Astrid, kepada wartawan, saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT HMID, mengatakan, penambahan fitur Hyundai Bluelink pada Ioniq 5 berdasarkan permintaan dari konsumen. Bukan kemauan dari HMID maupun Hyundai Motor Group.

Baca juga: Hyundai Ioniq 5 Lawas Tidak Bisa Mengaplikasikan Fitur Bluelink

"Kebutuhan lokal. Jadi, kalau yang namanya basic vehicle kan sudah ada. Tapi, ada spesifikasi yang bisa kita tambahkan atau kurangi, tergantung dari konsumen di negara tersebut," kata Frans.

Peluncuran Hyundai Ioniq 5 BluelinkKompas.com/Donny Peluncuran Hyundai Ioniq 5 Bluelink

"Kebetulan, sekarang kita survey ke konsumen, karena Bluelink itu mulai memasyarakat, orang juga ingin punya teknologi yang lebih maju, dan koneksi ke smartphone. Mereka ingin disematkan Bluelink," ujarnya.

Frans menambahkan, Hyundai melihat Ioniq 5 bukan hanya sebagai teknologi kendaraan listrik, tapi teknologi konektivitas juga. Jadi, bukan keinginan produsen, tapi lebih keinginan dari konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com