Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Daihatsu Hijet Cargo BEV, Meluncur Sebentar Lagi

Kompas.com - 30/10/2023, 16:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu Motor Co., Ltd, menjadi salah satu pabrikan otomotif yang turut meramaikan ajang Japan Mobility Show (JMS) 2023, di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang, hingga 5 November mendatang.

Produsen otomotif asal Negeri Sakura itu memamerkan sejumlah mobil konsep, satu di antaranya adalah mobil niaga listrik bernama Hijet Cargo.

Minivan listrik itu merupakan hasil kolaborasi Daihatsu, Toyota dan Suzuki sejak satu terakhir. Ketiga perusahaan ini akan menyematkan nama yang berbeda, Daihatsu menyebut kendaraan niaga ringan dengan nama Hijet Cargo, Suzuki menggunakan nama Every, sementara Toyota memakai nama Pixis.

Baca juga: Mau Pasang Karpet Mobil, Jangan Lupa Perhatikan Fungsinya Juga

Kabarnya perseroan siap meluncurkan Hijet Cargo Battery Electric Vehicle (EV) pada tahun fiskal 2023, atau sekitar awal 2024.

“Ada rencana produk ini diluncurkan di fiskal tahun ini. Fiscal year Jepang itu sampai dengan Maret 2024,” ucap Takao Kunita, Chief Coordinator, Marketing, Sales & Promotion Dept ECC Group, di Tokyo Big Sight, belum lama ini.

Daihatsu Hijet Cargo BEVKompas.com/Nanda Daihatsu Hijet Cargo BEV

Bicara soal Hijet Cargo BEV, mobil listrik murni ini mampu menempuh jarak hingga 200 Km, hanya saja belum disebutkan mengenai spesifikasi baterai yang digunakan.

Untuk dimensi, Hijet Cargo memiliki panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.980 mm, dengan jarak sumbu roda 2.450 mm. Dimensinya lebih mungil dibandingkan dengan Daihatsu Gran Max Minivan.

Baca juga: Apakah Penderita Buta Warna Bisa Mendapatkan SIM?

Calon kendaraan niaga ringan Daihatsu ini disokong dengan pelek berukuran 12 inci dibalut ban profil 145/80. Hijet Cargo BEV dibekali dengan sistem penggerak Rear Wheel Drive (RWD).

Sementara di bagian interior tampak minimalis dan sederhana layaknya kendaraan niaga ringan pada umumnya.

Sebagai informasi, Daihatsu sebetulnya sudah menjual kendaraan listrik murni sejak 1999. Namun pada saat itu hanya sebatas digunakan secara korporat saja tidak untuk retail.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com