Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjuangan Loyalis Truk Canter Ikut Jamnas Ke-10 di Kudus

Kompas.com - 30/10/2023, 10:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Stanly Ravel

Tim Redaksi


KUDUS, KOMPAS.com - Jambore Nasional (Jamnas) ke-10 Canter Mania Indonesia Community (CMIC) diadakan pada 28-29 Oktober 2023 di Lapangan Desa Kandang Mas, Kudus, Jawa Tengah.

Sekitar 3000 peserta anggota CMIC yang terdiri dari 67 koridor dari seluruh Indonesia meramaikan Jamnas tahun ini. Sementara itu, untuk jumlah truk yang memadati lokasi kurang lebih 500 unit.

Toni, Pengurus Pusat Canter Mania Indonesia Community (CMIC) mengatakan, peserta yang datang tak hanya dari area Jawa Tengah saja, namun antar pulau.

Baca juga: AC Mobil Tiba-tiba Panas Bisa Jadi Gejala Mesin Mobil Overheat

“Peserta yang datang jauh dari Bengkulu dan Jambi. Kemudian ada juga yang dari perbatasan Padang. Mereka datang secara suka rela dengan tujuan silahturahmi,” kata Toni di Kudus kepada Kompas.com, Minggu (29/10/2023).

Toni menjelaskan, ada juga yang datang dari dua minggu lalu. Setibanya di Jawa Tengah, sopir atau pemilik truk tersebut cari pemasukan dengan mengangkut muatan lokal.

Upah dari biaya mengangkut muatan diperuntukan untuk bertahan hidup di Kudus dan area sekitarnya hingga acara Jamnas dimulai.

Kumpulan truk Canter Mania IndonesiaKOMPAS.com/Janlika Kumpulan truk Canter Mania Indonesia

Baca juga: Hasil MotoGP Thailand 2023, Jorge Martin Menang Telak 

“Ada juga yang kesini beramai-ramai naik truk. Mereka patungan. Memang ini tidak boleh sih, yang penting bawa truknya tidak kecang-kecang,” kata Toni.

Lantaran acara ini jadi agenda tahun  CMIC, Toni mengatakan, selalu memilih tempat dengan banyak pertimbangan.

Hal ini agar para peserta yang sudah datang dengan beragam perjuangan lebih nyaman menikmati acara.

“Kita pertimbangkan pilih tempat tidak jauh-jauh untuk memudahkan mereka cari makanan, mudah sinyal internet dan lain-lain,” kata Toni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com