Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Siap Memasuki Dunia Motocross dengan Borgo Panigale

Kompas.com - 30/10/2023, 10:38 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Ducati akan mengukir sejarah baru di dunia sepeda motor. Pabrikan asal Bologna, Italia, ini akan merambah ke segmen motocross dengan kehadiran Borgo Panigale.

Ducati telah mengerjakan purwarupa dari motocross ini selama dua tahun. Debutnya akan dimulai musim depan di Kejuaraan Motocross Italia. Tujuannya tidak lain adalah untuk memvalidasi solusi teknis yang dibuat pada motor di trek.

 Baca juga: Bahas Ducati Multistrada V4 RS, Motor Touring Rasa Superbike

Strategi ini menegaskan pendekatan yang membedakan Ducati dalam pengembangan model-modelnya yang paling sporty dan berperforma tinggi, yaitu memulai dari kompetisi balap dan kemudian menciptakan produk-produk seri yang mampu memberikan performa luar biasa untuk menyenangkan para penggemarnya.

Ducati akan memasuki segmen motocross dengan kehadiran Borgo PanigaleDok. Ducati Ducati akan memasuki segmen motocross dengan kehadiran Borgo Panigale

Model-model tersebut secara bertahap akan menjadi bagian dari keluarga sepeda motor yang paling menonjol bermerek Ducati, dimulai dengan motocross.

Jimmy Budhijanto, CEO Ducati Indonesia, mengatakan, sektor off-road adalah pilihan penting yang sangat strategis bagi Ducati. Kehadirannya di medan yang belum dijelajahi untuk memperluas kehadiran Ducati saat ini.

"Saat ini kami ingin memberikan pengalaman luar biasa kepada Ducatisti di Indonesia, dan ini adalah salah satu langkah mencapai itu," ujar Jimmy, dalam keterangan resminya, Senin (30/10/2023).

Baca juga: Bos Repsol Honda Siap Kalahkan Marquez di Ducati

"Kami percaya bahwa menciptakan motor off-road dengan teknologi unggulan seperti sistem Desmodromic akan membuktikan komitmen Ducati pada kinerja dan inovasi saat ini mengikuti perkembangan zaman," kata Jimmy.

Sembilan kali juara dunia motocross Antonio CairoliDok. Visordown Sembilan kali juara dunia motocross Antonio Cairoli

Dalam pengembangan motocross ini, Ducati menggandeng sembilan kali juara dunia motocross, Antonio Cairoli, sebagai pebalap tes. Pengalaman dan masukannya akan sangat berguna dalam pengembangan motocross ini.

Fokus dari proyek off-road Ducati ini adalah kombinasi dari pencarian bobot yang ringan yang paling ekstrem, komponen dan mesin top of the line yang dicirikan oleh kurva penyaluran daya yang sangat luas.

Hasil tersebut diperoleh berkat penggunaan sistem Desmodromic, yang digunakan pada semua motor sport dari perusahaan yang berbasis di Bologna mulai dari MotoGP. Ducati sebenarnya adalah satu-satunya perusahaan di dunia yang menggunakan sistem pengembalian katup yang sama pada semua sepeda motor yang diproduksi dengan kinerja tertinggi seperti yang digunakan pada prototipe balap.

Memasuki sektor off-road merupakan pilihan strategis yang sangat penting dan menantang bagi Ducati, yang dimungkinkan berkat hasil luar biasa yang dicapai dalam beberapa tahun terakhir. Bagi pengendara muda yang baru, akan dapat lebih dekat dengan merek Borgo Panigale dan dengan demikian memasuki komunitas besar Ducatisti.

Performa adalah salah satu dari tiga nilai inti merek Ducati, bersama dengan Gaya dan Kecanggihan. Pada Borgo Panigale ada banyak pecinta off-road dan banyak yang tidak sabar untuk melihat Desmo dalam segala potensinya bekerja di luar aspal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com