Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Alva Cervo buat Harian, Sulit Bawa Boncengan

Kompas.com - 30/10/2023, 15:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alva Cervo merupakan motor listrik lokal yang cukup menarik perhatian, dengan harganya Rp 30 jutaan.

Spesifikasi Cervo ini memang bisa diandalkan, jarak tempuh dunia nyata bisa sampai 90 Km-100 Km. Kecepatan dan akselerasi pun bukan masalah, memang bisa diajak jalan jauh.

Selama dites, ada beberapa kekurangan yang cukup mengganggu. Pertama dari desainnya, posisi baterai memang ada di dek, tapi tidak berimbas ke bagasi yang lega.

Baca juga: Alva Targetkan Ekspor ke Asia Tenggara dan Eropa mulai 2024


Tentu kalau posisi baterai motor bukan ada di bagasi, harapannya tempat penyimpanan di bawah jok jadi lega. Tapi itu tidak terjadi di Cervo, bagasinya cenderung kecil untuk menampung barang.

Lalu, desain jok yang cukup unik membuat adanya ruang kosong ketika sedang diangkat. Ruang tersebut bisa menyebabkan tangan atau barang yang ada di bagasi terjepit.

Selain bagasi yang minim, kekurangan Cervo lainnya ada dari posisi standar tengah yang sepertinya kurang pas. Seharusnya, bisa ditegakkan dengan mudah, tapi di Cervo ini sangat berat, butuh usaha yang ekstra.

Baca juga: Kebiasaan yang Bikin Transmisi Mobil Matik Cepat Rusak

Alva CervoKOMPAS.com/ADITYO WISNU Alva Cervo

Terakhir,Cervo ini tidak cocok buat bawa boncengan. Pertama, posisi dudukan kaki atau foot step penumpang terlalu ke depan, jadi sering kena kaki pengendara saat sedang turun.

Selain itu, buat penumpang, posisi footstep-nya terlalu ke depan. Jok buat penumpang pun cenderung tidak terlalu lega.

Tentu dari motor ada plus dan minus, Cervo memang punya spesifikasi mumpuni buat dipakai harian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com